Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Ingin Berbuat Banyak untuk Orang Lain, Andi Taufan Gali Arti Hidup Melalui Amartha Microfinance

9
×

Ingin Berbuat Banyak untuk Orang Lain, Andi Taufan Gali Arti Hidup Melalui Amartha Microfinance

Sebarkan artikel ini

detiktegal Education – Makna hidup dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan, dan salah satu unsur terpentingnya adalah kemampuan berbagi dengan sesama.

Dalam proses berbagi, kita menemukan makna dalam hubungan, kepuasan, tujuan, dan jejak positif dalam sejarah. Ketika kita peduli, membantu, dan berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan orang lain, kita memperoleh makna hidup yang lebih dalam dan bermakna.

Hal tersebut dirasakan pemuda bernama Andi Taufan Garuda Putra yang berasal dari Bogor, Jawa Barat.

Ia bisa menikmati kehidupan yang nyaman sebagai eksekutif muda dan konsultan bisnis di sebuah perusahaan multinasional. Namun, seorang pria bernama Taufan siap meninggalkan pekerjaannya yang nyaman dan memulai sebuah organisasi keuangan mikro. “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya merasa hidup tidak ada artinya,” katanya.

Menurut Taufan, makna hidup adalah untuk dibagikan kepada orang lain. Melalui berbagai penelitian, lulusan Institut Teknologi Bandung mendirikan Amartha Microfinance Indonesia.

Perjalanannya tidak mudah pada awalnya: tabungan Taufan harus digunakan untuk mendirikan Amartha Microfinance, sebuah organisasi keuangan mikro yang menyediakan layanan keuangan kepada masyarakat miskin dan kurang terlayani. “Untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” katanya.

Meski bertekad saat pertama kali mendirikan Amartha, Andy menentang keluarganya. Mereka percaya bahwa tidak ada keuntungan yang bisa diharapkan dari pendirian Amartha Microfinance.

Namun seiring berjalannya waktu, Andy Taufan lambat laun berhasil meyakinkan orang tuanya yang akhirnya memutuskan untuk mendukungnya.

Amartha Microfinance menggunakan model crowdfunding dengan sistem bagi hasil. Satu kelompok beranggotakan 10-15 orang dan sasaran penerima manfaat sebagian besar adalah perempuan.

Pada awal tahun 2011 saja, Amartha sudah didukung oleh 45 kelompok. Pada awal tahun yang sama, total anggotanya berjumlah 720 orang yang tersebar di 14 desa di Sisinga, Bogor. Batasan pembiayaan bervariasi mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Paket cicilannya Rp 13.500 atau Rp 26.000 per minggu selama satu tahun.

Amartha Microfinance berkembang hingga saat ini dan memiliki lebih dari seribu anggota.

Pada tahun 2019, Taufan diangkat menjadi salah satu staf khusus Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tak heran jika Taufan mendapat penghargaan atas jasanya di SATU Indonesia Awards yang diselenggarakan Astra. Aculaku Finance Perkenalkan Logo Baru, Ini Artinya. Logo baru yang diresmikan tidak hanya mencerminkan identitas unik Akulaku Finance Indonesia. detiktegal.co.id 30 April 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *