Scroll untuk baca artikel
Teknologi

iOS 18 Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone, Cek Bocoran Fiturnya

9
×

iOS 18 Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone, Cek Bocoran Fiturnya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Apple diperkirakan akan meningkatkan dukungan AI di iOS 18 yang dijadwalkan rilis tahun ini. Informasi mengenai sederet fitur baru yang akan dihadirkan perusahaan sudah mulai bocor ke internet.

Baru-baru ini, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (5/6/2024), bocoran yang diterima Apple Insider dari sumber anonim mengklaim bahwa fokus Apple pada kemampuan AI generatif berasal dari Ajax Large Language Model (LLM).

Dengan dukungan tersebut, Apple akan menyertakan sejumlah fitur baru di iOS 18. Salah satunya adalah kemampuan merangkum teks, baik konten teks di website maupun di iMessages.

Secara keseluruhan, fitur iOS 18 memungkinkan pengguna memahami inti teks dalam dokumen, situs web, termasuk percakapan, tanpa harus membaca semuanya. Fitur ini juga dapat diakses melalui Siri.

Selain itu, menurut sumber tersebut, LLM Ajax akan memproses permintaan yang diberikan pengguna sepenuhnya di perangkat Apple. Oleh karena itu, LLM ini tidak akan mengirimkan data apa pun ke cloud.

Fitur ini diklaim dapat meningkatkan privasi dan kecepatan layanan. Pasalnya, jawaban yang diberikan AI generatif akan muncul dalam hitungan milidetik.

Integrasi AI juga akan terjadi dengan beberapa aplikasi bawaan Apple, termasuk aplikasi kontak dan kalender.

Sementara itu, untuk memberikan jawaban dari layanan AI berbasis cloud, Apple kemungkinan akan meminta bantuan Google Gemini atau ChatGPT milik OpenAI. Namun sebelum melakukannya, pengguna akan menerima notifikasi terlebih dahulu.

Harap diperhatikan bahwa Apple akan mengadakan Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) tahunannya mulai 10 hingga 14 Juni 2024.

Pada WWDC 2024 kali ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS), akan menghadirkan iOS 18.

Rumor saat ini menyebutkan bahwa iOS 18 akan menyertakan sejumlah peningkatan Siri dan fitur AI (kecerdasan buatan) baru.

Ini adalah pertama kalinya sistem operasi iPhone mendapat perombakan besar-besaran sejak peluncuran iOS pada tahun 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg telah membeberkan informasi baru mengenai fitur baru apa saja yang akan diperkenalkan pada pembaruan iOS 18 mendatang.

Mark Gurman Senin (29/4/2024) Apple akan merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Foto, dan Fitness.

Selain iOS, perusahaan dikatakan akan menghadirkan pembaruan sistem operasi ini ke iPadOS 18, memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Dengan hadirnya iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna seharusnya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berarti menempatkannya di luar grid biasa.

Meskipun fitur AI ini telah menggoda banyak iPhone dan iPad, Gurman mengatakan jangan berharap iOS 18 menyertakan jumlah perubahan desain yang sama seperti iOS 7.

Di sisi lain, Apple dan OpenAI telah membuka kembali negosiasi untuk mengintegrasikan serangkaian fitur AI ke dalam iOS 18, seperti yang diungkapkan Mark Gurman.

Apple juga diketahui sedang membangun model bahasa besarnya sendiri untuk mendukung berbagai fitur iOS 18.

Namun diskusi perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu dengan OpenAI lebih pada “chatbots atau komponen pencarian,” lapor Bloomberg, Sabtu (27/4/2024).

Selain OpenAI, Apple juga sedang dalam pembicaraan dengan Google untuk melisensikan Gemini, chatbot AI Google di iOS 18.

Pembuat iPhone belum memutuskan apakah akan bekerja sama dengan OpenAI atau Google untuk mengintegrasikan AI ke dalam iOS 18.

Hingga saat ini, Apple masih bungkam soal kemampuan AI yang dimiliki iPhone. Faktanya, sebagian besar perusahaan teknologi AS sudah berlomba-lomba mengembangkan kecerdasan buatan untuk produk mereka.

Meski begitu, CEO Apple Tim Cook mengatakan perusahaannya terus berupaya dan berinvestasi pada kecerdasan buatan dan tidak sabar untuk membagikan informasi terkini mengenai teknologi AI tersebut.

Perusahaan juga mengklaim bahwa MacBook Air dengan M3 yang diluncurkan perusahaan bulan lalu merupakan laptop konsumen terbaik untuk AI di dunia.

Apple dikabarkan akan meluncurkan laptop dan desktop bertenaga AI akhir tahun ini. Perusahaan juga mengumumkan awal pekan ini bahwa mereka merilis LLM sumber terbuka yang mampu berjalan secara lokal di perangkat, bukan di cloud.

Meski begitu, sepertinya Apple akan mengungkap misteri fitur AI di iOS 18 dan iPhone di WWDC 2024 pada 10 Juni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *