Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Joko Pinurbo Bacakan Sajak-sajak Saat Menerima Penghargaan Achmad Bakrie

10
×

Joko Pinurbo Bacakan Sajak-sajak Saat Menerima Penghargaan Achmad Bakrie

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Penghargaan Akmad Bakri menjadi awal dari upaya memastikan anak bangsa mempunyai peran positif dan kontribusi bermanfaat dalam kehidupan bangsa dan negara. 2023 Achamad Bakri

Penghargaan Achamad Bakri tahun ini diberikan kepada empat orang di setiap kategori. Keempat penerima Hadiah Ahmad Bakri XIX tersebut adalah Fachri Ali untuk Pemikiran Sosial, Joko Pinyurbo untuk Sastra, Andrijono untuk Kedokteran dan Karina Jo untuk Sains.

Usai menerima salah satu peraih Akmad Bakri Sastra, ia membacakan beberapa puisi dalam sambutannya. Ia mengatakan, penghargaan Akmed Bakri mengingatkannya pada puisi sang penyair.

“Penyair peraih penghargaan Ahmed Bakri, Hendro Mulio, mengingatkan saya akan pesan puisinya, dan saya kutip dari puisinya,” ujarnya.

“Saya ingin memperingatkan Anda, jiwa-jiwa yang tinggal di tanah air Anda, jiwa-jiwa yang menginginkan.

Dengan sedikit kesabaran dan memupuk serta mengembangkan kemampuan berbahasa Anda, bahasa Indonesia akan terus berkembang menjadi bahasa yang kaya ekspresi.

Kegigihan kecil itu berlanjut dengan cinta yang keras kepala, dan saya bersyukur karenanya.

Di tengah sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada keluarganya yang telah bersedia menjadi ahli sastra.

“Terima kasih kepada keluarga yang telah mendukung dan memberi saya kesempatan menjadi ahli sastra, serta terima kasih telah sabar menunggu bulan baru penuh iman,” ia mendapat tepuk tangan hadirin.

Jocko pun mengungkapkan keberuntungannya memiliki surat yang efektif untuk menekuni dunia sastra.

“Di dunia (sastra) yang sepi secara ekonomi ini, saya beruntung memiliki mantra efektif yang menginspirasi saya untuk bertahan,” demikian mantranya: “Semuanya akan mudah, saya harap.” Menikmati keramaian, perkataan, makna, dan berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan manusia. “Ini adalah cara kepedulian untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan,” ujarnya.

“Puisi bisa menjadi tempat bersantai dan mengeluarkan imajinasi. Mari kita baca puisi pendek ini, Doa Orang Sibuk Duduk di Kantor 24 Jam Sehari, di Ponselnya.”

“Pak, ponsel saya rusak akibat gempa. Semua nomor kontak saya hilang, hanya nomor bapak yang tersisa. Kata Tuhan, bapak inilah yang meraih penghargaan detiktegal internasional.” co.id 6 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *