Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Kakorlantas: Bila Lelah Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Bisa Berakibat Fatal

8
×

Kakorlantas: Bila Lelah Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Bisa Berakibat Fatal

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Kapolri Jakarta Pol N Suhanan mengimbau warga yang lewat usai memeriksa kondisi korban luka dalam kecelakaan bus Rosalia Indah di RS Islam Kendal, Jakarta, Jawa Tengah. Mereka harus mengemudi tanpa tekanan apa pun.

Jika Anda merasa lelah saat berkendara, Ann menghimbau Anda untuk segera beristirahat. Jika Anda terpaksa terus mengemudi meski dalam keadaan lelah, bisa berakibat fatal.

“Kalau capek silakan berhenti. Tidak perlu dipaksakan, agar tidak terjadi akibat yang berbahaya seperti kecelakaan,” kata Ann pada Kamis, 11 April 2024 seperti dikutip Antara.

Penumpang yang kembali ke kampung halaman melalui pintu tol dapat beristirahat di tempat peristirahatan atau tempat relaksasi.

“Kalau rest area di tol sudah penuh, bisa lewat jalan utama untuk istirahat sebentar,” ujarnya. Operator bus diminta menyiapkan pemesanan pengemudi

Ann mengimbau operator bus menyiapkan pengemudi cadangan saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Nantinya, pengemudi mobil dan bus disarankan istirahat setiap empat jam. Ann mengatakan, istirahat sekitar 30 menit sudah cukup untuk menyegarkan pengemudi melanjutkan perjalanan.

“Setelah disegarkan, bisa beraktivitas kembali. Penting untuk menjaga kondisi fisik penumpang,” ujarnya.

Bus Rosalia Indah rute Bekasi-Jawa Timur jatuh di KM 370 A pintu tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. Kecelakaan terjadi pada pukul 06.30 WIB.

Kecelakaan bermula saat bus Rosalia Indah melaju dari arah barat menuju timur. Dikhawatirkan karena pengemudi tertidur, bus tersebut keluar jalur dan terguling di selokan yang berjarak sekitar 200 meter.

Ada 32 penumpang, seorang sopir dan seorang kondektur di dalam bus tersebut. 7 orang tewas dalam satu kecelakaan ini.

“6 orang tewas di RSI Valery, 1 orang terjebak oleh kondektur (MD),” kata Kompol Sadek dalam keterangannya, Kamis (11/4/2024), mengutip News Detik Tegal.

Menurut Ann, penyebab kecelakaan adalah kelelahan pengemudi dan kurang tidur.

Ann berkata, “Kecurigaan awal sudah hilang. Sedikit tidur di TKP bisa menyebabkan kecelakaan itu.”

Kemungkinan penyebab kecelakaan terungkap berdasarkan keterangan sopir bus Rosalia Indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *