Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Kehilangan Hewan Peliharaan, Begini Cara Mengatasi Kesedihan yang Dialami

11
×

Kehilangan Hewan Peliharaan, Begini Cara Mengatasi Kesedihan yang Dialami

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Kehilangan hewan peliharaan merupakan suatu hal yang menyedihkan dan menyakitkan. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing hanyalah sebagian kecil dari umur kebanyakan orang, dan ironisnya, memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Duka karena kehilangan adalah hal yang wajar, meski sebagian orang akan sangat sedih dan sengsara saat kehilangan hewan peliharaannya.

“Duka adalah apa yang kita rasakan di dalam hati, reaksi alami kita, sebagai respons terhadap kehilangan,” kata Juliet Kuehnle, terapis berlisensi dan penulis Who You Callin’ Crazy?. Mengapa kehilangan hewan peliharaan sangat menyakitkan?

Kerugian adalah kerugian, baik manusia maupun hewan, dan itu sangat sulit. “Membentuk hubungan dan koneksi dengan hewan peliharaan tidak ada bedanya dengan menjalin hubungan dengan manusia lain,” kata Kuehnle.

Hubungan antara hewan peliharaan dan pemiliknya sangat murni. Hewan peliharaan menyayangi pemiliknya tanpa alasan atau kekhawatiran. Mereka selalu berada di sisi pemiliknya, apa pun yang terjadi, baik atau buruk. Bagi banyak orang, hewan peliharaan adalah cinta yang paling tanpa syarat.

Memiliki hewan peliharaan baik untuk kesehatan fisik dan mental kita. Kehilangan hewan peliharaan merupakan sumber kebahagiaan dan cinta yang besar, dan bagi pemiliknya pasti ada kesedihan yang mendalam.

Pembahasan dalam artikel ini akan membantu Anda memahami cara mengatasi rasa sakit karena kehilangan hewan peliharaan dan cara menyembuhkan dengan lebih efektif.

Tidak ada jawaban pasti mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi kehilangan hewan peliharaan. Menurut Kuehnle, setiap individu memiliki perjalanan duka yang unik dan tidak ada rumus atau jadwal yang pasti.

“Kedukaan adalah pengalaman yang sangat pribadi dan tidak dapat disembuhkan atau diatasi dengan cepat, namun ini adalah sesuatu yang dapat kita pelajari untuk menghadapinya dengan cara yang berbeda seiring berjalannya waktu,” kata Kuehnle.

Jika Anda baru saja kehilangan hewan peliharaan, Anda mungkin berharap ada saatnya hal itu tidak terlalu mengganggu Anda. Namun untuk mengatasi perasaan tersebut, harus melalui proses yang memakan waktu.

Kehilangan hewan peliharaan memang tidak menyenangkan, tetapi pada akhirnya rasa sakit itu akan hilang dan Anda akan merasa lebih baik kembali. 

Meski kesedihan tidak bisa sepenuhnya hilang, Anda bisa menggunakan strategi untuk mengatasi perasaan kehilangan. Ini akan membantu Anda mengatasinya, sedikit demi sedikit.

Akan sangat membantu jika orang membiarkan dirinya merasakan kesedihan sepenuhnya, memahami emosi dan penyebab kesedihan yang mereka rasakan,” kata Kuehnle.

Kuehnle merekomendasikan untuk menenangkan diri dan berlatih mengelola emosi Anda. Dia juga menyarankan latihan pernapasan dan meluangkan waktu untuk memahami perasaan kehilangan. Selain itu, membuat jurnal tentang perasaan yang Anda alami juga dapat membantu Anda mengatasinya.

Anda tidak harus menanggung rasa sakit karena kehilangan hewan peliharaan sendirian. Cobalah berbicara dengan keluarga Anda atau temui terapis. Mereka bisa menjadi pendengar yang baik saat dibutuhkan.

Jika Anda bingung bagaimana menjalani hidup tanpa hewan peliharaan, Kuehnle menyarankan untuk bersikap baik dan sabar terhadap diri sendiri.

“Anda mempunyai banyak waktu untuk mengingat hewan peliharaan Anda dan Anda akan tahu apa yang harus dilakukan ketika waktunya tepat,” katanya.

Kehilangan hewan peliharaan adalah kehilangan yang serius, Anda mungkin akan merasa sedih untuk beberapa waktu, dan perasaan itu mungkin akan mengalir. Anda selalu dapat mengingat hewan peliharaan Anda sebagai kenangan indah, dan ada banyak cara untuk mengingatnya.

“Mungkin hewan peliharaannya suka berjalan-jalan ke suatu tempat, lalu Anda pergi ke sana dan meninggalkan bunga. Selain itu, mungkin Anda memiliki kenangan indah saat mendengar suara kalung hewan peliharaan Anda, jadi Anda menyimpan kalung itu di rak Anda.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *