Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Kembalikan Lagu Anak yang Hilang, Kemendikbudristek Gelar KILA

8
×

Kembalikan Lagu Anak yang Hilang, Kemendikbudristek Gelar KILA

Sebarkan artikel ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Program Lagu Anak Kita Cinta (Kila) sejauh ini telah melahirkan 16 lagu baru, menurut Eddie Irwan, Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek. . . Tahun 2020 menurutnya Qila diselenggarakan dengan tujuan untuk menciptakan ekosistem musik yang tidak hanya menjadi pekerjaan pemerintah namun juga pekerjaan orang tua dan anak. 

ED mengatakan dalam keterangannya, Minggu (19/5/2024): “Musik dan penyanyi anak-anak semuanya baru. Hal ini sebagai upaya menciptakan ekosistem musik. Ini bukan hanya tugas pemerintah. Tapi juga orang yang tinggal dengan anak-anak. Orang tua juga,” kata ED dalam keterangannya, Minggu (19/5/2024).

Pementasan musikal “Sahabat Anak Indonesia” dipentaskan di Jakarta pada Jumat (17/5/2024). Sebagai bagian dari program KILA 2024, acara kelima ini mempertemukan ratusan siswa dan guru dari PAUD dan sekolah dasar di Jedetabek.  Mereka bergembira melihat para Duta Qila yang menjadi juara pada lomba menyanyi Qila 2020.

“Setelah banyak kota, baru kali ini Kila melakukan sosialisasi (sekolah) di Jakarta. Puncaknya di Hari Anak. Bahkan, anak-anak ini (duta Kila) tidak kalah, bahkan lebih keren dari kompetisi idola. idola sejak lama,” tambah ED. 

Para guru didatangi tim Qila Shiksha and Culture Bhawan pada Selasa (14/5/2024). Sedangkan untuk pelajar, sudah diterapkan di puluhan TK dan SD di wilayah Jedetabek. 

Tahun lalu, Qila mengikuti dua kategori, yakni lomba menyanyi untuk anak usia 5 hingga 7 tahun dan 8 hingga 13 tahun. Tahun ini Fort hadir dengan lima kategori lomba.

Terdapat lima kategori yang diperlombakan, yakni Lomba Menyanyi Lagu Anak untuk kelompok usia 5-7 tahun, Lomba Menyanyi Lagu Anak untuk kelompok usia 8-13 tahun, Lomba Menulis Lagu Anak untuk kelompok usia 5 hingga 7 tahun, dan Lomba Cipta Lagu Anak. untuk usia 8-13 tahun dan lomba aransemen lagu anak daerah.

Pendaftaran Qila berlangsung mulai tanggal 9 Maret hingga 31 Mei 2024. Program ini gratis dan syarat pendaftaran serta pendaftaran peserta dapat dilihat di akun media sosial Qila. Setelah Surabaya, Solo, Denpasar, dan Jakarta, skena sosial dan musik Qila 2024 akan ditutup di Palembang pada 20-24 Mei.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *