Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Kemenag Luncurkan Pegon Virtual Keyboard, Mudah dan Praktis

10
×

Kemenag Luncurkan Pegon Virtual Keyboard, Mudah dan Praktis

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Persiapan Aksara Pegon Virtual Keyboard (Keyboard Virtual Pegon) sudah final. Inovasi ini akan diluncurkan Direktorat Pendidikan Usia Dini dan Pesantren pada 6 Januari 2024, dalam rangka Hari Amal (HAB) Kementerian Agama ke-78.

Plt Direktur PD Pontren Waryono mengatakan, saat ini seluruh persiapan teknis terkait Pegon Virtual Keyboard telah selesai dilakukan. Syukurlah mulai hari ini keyboard virtual Pegon atau Pegon Virtual Keyboard sudah siap dipasang, kata Waryono di Jakarta, Sabtu, 23 Desember 2023.

Pegon Virtual Keyboard sudah bisa digunakan publik setelah peluncuran resminya. Pria kelahiran Cirebon ini menuturkan, pembelian Pegon Virtual Keyboard ini merupakan tanggung jawab Konferensi Literasi Pegon pertama yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Salah satu hasil kesepakatan Konferensi Aksara Pegon 2022 memberikan kewenangan kepada Kementerian Agama untuk memantau kelanjutan penggunaan aksara Pegon di madrasah dan pesantren,” lanjutnya.

Dengan Pegon Virtual Keyboard, Waryono berharap masyarakat luas dapat mengakses kekayaan warisan budaya kepulauan ini melalui perangkat digital, termasuk smartphone, tablet, dan lainnya. Hal ini, lanjutnya, merupakan bagian dari cara menjaga eksistensi teks pegon.

“Kedepannya masyarakat luas dapat menjadikan pegon sebagai salah satu karakter alternatif yang dapat dipilih saat menulis di perangkat digital, baik untuk komunikasi sehari-hari maupun untuk mengungkapkan pemikirannya,” tutupnya. BUMN Indonesia Re bermitra dengan para profesional untuk mencetak talenta muda di industri asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) alias Indonesia Re bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Manajemen Risiko dan Asuransi (Sti detiktegal.co.id 4 Mei 2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *