Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Kenali Apa Itu Sitz Bath, Teknik Bersihkan Alat Kelamin serta Anus yang Ampuh Obati Wasir!

Kenali Apa Itu Sitz Bath, Teknik Bersihkan Alat Kelamin serta Anus yang Ampuh Obati Wasir!

Detik Tegal – Meski tak kasat mata, penting untuk menjaga kebersihan alat kelamin dan anus. Salah satu caranya adalah dengan berendam di sitz bath. Bagaimana cara melakukannya?

Mandi sitz melibatkan mandi dengan air untuk merendam organ reproduksi seperti anus dan alat kelamin untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di area tersebut. Manfaat mandi sitz antara lain mengobati wasir.

Peralatan yang digunakan juga sangat sederhana, yaitu gunakan bak mandi biasa, isi dengan air, atau beli bak plastik berbentuk wastafel yang agak lebar dan bisa diletakkan di atas toilet. Deskripsi Rendam Mandi Duduk (pixabay)

Ketua Bedah Gastrointestinal dan Profesor Bedah Kolorektal di Yale Medicine, Dr. Menurut Walter Longo, mandi sitz efektif mengurangi rasa gatal, nyeri, dan ketidaknyamanan serta mengurangi keluhan pada dubur dan alat kelamin.

Sabtu (15/10/2022) Berikut cara duduk dan mandi di rumah, mengutip Insider. Isi bak mandi dengan empat hingga lima inci air hangat. Pastikan airnya cukup hangat dan tidak terlalu panas. Jika Anda menggunakan sitzbath yang dijual bebas, gunakan mangkuk besar dan pastikan air di dalamnya cukup sehingga tidak meluap saat Anda duduk di dalamnya. Tambahkan bahan tambahan seperti garam Epsom, atau jika dokter meresepkan antibiotik, tambahkan ke dalam air.Mandilah dan pastikan pantat, anus, atau alat kelamin terendam seluruhnya. Rendam selama 15 menit. Setelah selesai, ketuk pompa dengan lembut dan perlahan.

Biasanya Anda bisa mandi sitz tiga kali sehari, namun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk hasil terbaik.

Beberapa manfaat sitzbath adalah terjadinya retakan pada dubur atau robekan pada anus yang menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Juga membantu mengobati wasir dan mempercepat pemulihan setelah melahirkan normal melalui vagina, sehingga kelenjar Bartholin di vagina tersumbat atau meradang oleh kista.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan