Scroll untuk baca artikel
Bisnis

MedcoEnergi Lepas Seluruh Aset di Libya

8
×

MedcoEnergi Lepas Seluruh Aset di Libya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan pengalihan kontrak propertinya di Area 47, Libya, kepada Libyan National Oil Corporation (NOC).

“Divestasi ini sejalan dengan strategi MedcoEnergi dalam menargetkan dan memperluas portofolionya melalui divestasi. Kami mengapresiasi kerja sama NOC dalam kesepakatan ini,” kata CEO MedcoEnergi Roberto Lorato, Selasa (28/05/2024).

MedcoEnergi dan NOC telah sepakat untuk mengalihkan seluruh kepemilikan perusahaan (50 persen) dalam Perjanjian Bagi Hasil Eksplorasi dan Produksi (EPSA) di Wilayah Kontrak 47. Selain itu, kepemilikan penuh Perusahaan (24,5 persen) pada perusahaan operasi patungan, Nafusa Oil Operations B.V.

Distribusi ini juga menyelesaikan seluruh tuntutan hukum dan tuntutan arbitrase antara MedcoEnergi dan NOC, yang telah disetujui oleh kedua entitas untuk ditarik.

Area 47 Libya dikembangkan oleh MedcoEnergi lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Pada tahun 2013, perusahaan memberikan komitmen sebesar USD 220 juta atau setara dengan Rp 2,14 triliun untuk pengembangan Area 47 di Libya. Pada tahun 2016, blok tersebut direncanakan berproduksi 50.000 barel per hari (b/d).

Rencananya, proyek pengembangan ini akan menghasilkan cadangan minyak dan gas (migas) sebanyak 300 juta barel, sebanyak 300 juta barel minyak dan gas dari enam dari total 16 lapangan migas yang telah ditemukan. Hingga saat ini, 47 telah ditemukan di daerah tersebut.

Jumlah investasi yang diharapkan sebesar USD 900 juta, dimana USD 280 juta untuk biaya pengeboran dan USD 620 juta untuk kapasitas produksi minyak. Bagian MedcoEnergi dalam investasi ini berjumlah USD 220 juta. Perusahaan Operasi Bersama

Medco Energi, melalui anak perusahaannya Medco International Ventures Limited, telah mendirikan Joint Operating Company (JOC) dengan mitranya, National Oil Corporation of Libya (NOC) dan Libyan Investment Authority (LIA).

Perusahaan mendapat persetujuan komersialisasi pada 14 Desember 2011 untuk beberapa ladang minyak dan gas dari 16 lapangan terbuka di Area 47. Hal ini menyusul keberhasilan program eksplorasi perseroan dimana 18 dari 20 sumur berhasil dieksplorasi. Angkanya 90 persen.

JOC didirikan sebagai operator di Area 47 pada masa pengembangan dan produksi. Di JOC yang bernama Nafusah Oil Operations BV, MedcoEnergi mengakuisisi 24,5 persen kepemilikan. Selain itu, NOC dan LIA masing-masing memiliki 51% dan 24,5%.

Sebelumnya, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menerbitkan dan menawarkan obligasi stabil Tahap II tahun 2024 senilai Rp 1,5 triliun. Obligasi tersebut merupakan bagian dari obligasi jangka panjang V yang memiliki target sebesar 5 triliun rupiah.

Obligasi Stabil V Medco Energi Internasional Tahap II 2024 terdiri dari tiga seri, yaitu obligasi Seri A, Seri B, dan Seri C yang masing-masing sebesar 100 persen dari jumlah pokok obligasi yang ditawarkan. Berikut rangkaian obligasinya:

– Obligasi seri A yang ditawarkan sebesar Rp 208,85 miliar dengan tingkat bunga tetap 7,35 persen. Obligasi Seri A mempunyai jangka waktu tiga tahun sejak tanggal penerbitan. Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh pada tanggal pelunasan pokok obligasi.

-Rencana obligasi Seri B senilai Rp427,95 miliar dengan tingkat bunga tetap 7,9 persen per tahun. Obligasi seri B mempunyai jangka waktu lima tahun sejak tanggal penerbitan. Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh atau sekaligus pada saat jatuh tempo obligasi.

-Rencana obligasi Seri C senilai Rp 863,19 miliar dengan tingkat bunga tetap 8,5 persen per tahun. Obligasi seri C memiliki tenor tujuh tahun sejak tanggal emisi. Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh atau sekaligus pada saat jatuh tempo obligasi.

Obligasi Medco Energi Internasional ini diterbitkan tanpa endosemen, kecuali sertifikat utama yang diterbitkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).  

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulan sejak tanggal penerbitan sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi. Pembayaran bunga pertama setiap seri obligasi akan dilakukan pada 7 Mei 2024.

Sementara itu, pembayaran akhir bunga surat utang, serta tanggal jatuh tempo surat utang dan pelunasan pokok surat utang masing-masing seri adalah tanggal 7 Februari 2027 untuk seri A. Itu akan terjadi pada bulan Februari mendatang. 7 Februari 2029 untuk Seri B dan 7 Februari 2031 untuk Seri C.

  

PT Medco Energi Internasional Tbk akan menggunakan dana hasil penawaran obligasi ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi, antara lain:

Mengembalikan jumlah terutang obligasi perusahaan yang jatuh tempo pada tahun 2024, yaitu:

– Obligasi Berkelanjutan II Medco Energy International Tahap IV Tahun 2017 Seri C senilai 7 miliar rupiah.

– Obligasi Stabil IV Medco Energi Internasional Tahap I Tahun 2021 Seri A senilai Rp 400 miliar.

– Obligasi Stabil IV Medco Energi Internasional Tahap II Tahun 2021 Seri A senilai Rp941,80 miliar.

B. Pembelian surat utang dalam dolar Amerika Serikat dari pemegang surat utang melalui pasar sekunder yang diterbitkan oleh anak perusahaan Perseroan, Medco Platinum Road Pte Ltd, dengan tujuan pelunasan sebagian. Nilai jaminan pinjaman dalam dolar AS pada saat informasi tambahan dipublikasikan adalah 33,29 juta dolar AS. Nilai maksimum jaminan utang dolar AS yang akan diperoleh sebagian adalah US$10,10 juta atau setara Rp151,50 miliar dengan asumsi dolar AS berada di kisaran 15.000.

Efek Bersifat Utang PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mendapat peringkat idAA-. Penawaran obligasi ini telah ditulis secara lengkap. Penjamin emisi obligasi ini antara lain PT BRI Danareksa Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Yang bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Mega Tbk.

Obligasi tersebut tidak dijamin dengan gadai tertentu, tetapi dijamin dengan seluruh harta kekayaan perseroan, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, baik yang ada sekarang maupun yang akan datang, menurut Pasal 1131 dan 1132 Peraturan.

Berikut Jadwal Penawaran Obligasi: Tanggal Efektif 27 Juni 2023 Masa Penawaran Umum 1-2 Februari 2024 Tanggal Distribusi 5 Februari 2024 Tanggal Pelepasan Pemesanan 7 Februari 2024 Tanggal Distribusi atau Tanggal Penerbitan Obligasi Secara Elektronik 7 Februari 2024 Tanggal Pencatatan Indonesia Bursa Efek (BEI) 12 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *