Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Meta AI tidak Dapat Dimatikan 

12
×

Meta AI tidak Dapat Dimatikan 

Sebarkan artikel ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika Anda membuka Facebook, Instagram, atau WhatsApp minggu lalu, Anda mungkin memperhatikan bahwa bilah pencarian di semua platform tersebut kini berbeda. Meta Meta mengintegrasikan AI ke dalam bilah pencarian ini, mengubah setiap fitur pencarian di platformnya menjadi chatbot kecerdasan buatan (AI). 

Berdasarkan laporan Mashable SE Asia pada Jumat (26/4/2024), seluruh bilah pencarian di Facebook, Instagram, dan WhatsApp kini didukung oleh Meta AI. Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp kini dapat mencari apa pun dari platform ini di bilah pencarian, dan Meta AI, yang dikembangkan dengan model bahasa terbuka baru Meta Llama 3 (LLM), akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. 

Namun bagaimana jika Anda tidak ingin melakukan hal tersebut? Jika pengguna menggunakan Facebook, Instagram atau WhatsApp, itu karena mereka ingin menggunakan fitur-fitur yang terkenal dari aplikasi ini. Jika seseorang ingin menggunakan chatbot bertenaga AI, mereka mungkin akan menggunakan ChatGPT, atau platform Meta AI yang berdiri sendiri, atau chatbot AI apa pun yang tampaknya tak ada habisnya yang muncul hampir setiap hari saat ini. 

Meta AI tidak dapat dinonaktifkan

Anda tidak dapat menonaktifkan Meta AI. Jika Anda benar-benar membenci Meta AI, satu-satunya pilihan yang memungkinkan Anda menghapusnya dari hidup Anda adalah dengan menghapus akun Facebook atau Instagram Anda. 

“Meta AI bertujuan untuk menjadi asisten yang membantu dan ada di bilah pencarian untuk menjawab pertanyaan Anda,” kata Meta dalam sebuah pernyataan.

“Anda tidak dapat mematikannya dari pengalaman ini, namun Anda dapat mempelajari bagaimana Anda biasanya berinteraksi dengan hasil yang berbeda,” katanya.

Meta AI dilaporkan memberi tahu pengguna yang bertanya apakah itu dapat dinonaktifkan bahwa ada cara untuk melakukannya. Tapi Meta AI salah. Ingatlah bahwa chatbot AI tidak dapat berpikir seperti manusia berpikir tentang AI yang sadar saat menonton film. 

Sebaliknya, ini hanyalah sebuah pola bahasa yang bertujuan untuk memuaskan pengguna dengan memberikan informasi yang mereka pikir akan mereka harapkan, meskipun informasi tersebut salah.

Namun, seperti dijelaskan Meta, pengguna bisa menggunakan fungsi pencarian di Facebook, Instagram, dan WhatsApp seperti sebelumnya. Mashable mengujinya. Cari profil, pengguna, postingan, dll. akan terus bekerja apa adanya, tidak diperlukan AI.

Jika Meta memutuskan untuk menawarkan opsi untuk menonaktifkan Meta AI, kami akan memperbarui bagian ini untuk memberi Anda proses langkah demi langkah untuk melakukannya. Namun hingga saat itu, Meta AI tetap ada.

Namun, meskipun logo Meta AI kecil di bilah pencarian dapat mengganggu dan saran AI muncul sesekali, sebagian besar pengguna dapat mengabaikan AI tersebut dan menggunakan pencarian Facebook, Instagram, dan WhatsApp seperti biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *