Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Oppo A60: Smartphone Tahan Banting Harga Rp 2 Jutaan, Ini Rahasianya

11
×

Oppo A60: Smartphone Tahan Banting Harga Rp 2 Jutaan, Ini Rahasianya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Batavia – Oppo A60 diketahui menarik perhatian netizen di media sosial. Pasalnya, banyaknya konten yang menunjukkan keawetan smartphone tersebut.

Berdasarkan banyaknya konten yang beredar, Oppo A60 terbukti mampu meremukkan ayam, memecahkan kacang, memecahkan kacang, bahkan menabrak sepeda motor.

Lantas, apa yang membuat smartphone terbaru Oppo ini begitu keren? Nah, itulah rahasia yang diungkap Oppo Indonesia saat Tekno Detik Tegal mengunjungi pabriknya beberapa waktu lalu.

A60 dikatakan dilengkapi dengan pelindung kaca ganda King Kong Glass 6 yang tahan tusukan dan benturan.

Ribuan konsumen telah mengujinya dalam uji tantangan kenari, yang menunjukkan bahwa layar smartphone kenari yang retak sekalipun tetap mulus.

Tak hanya itu, Oppo A60 telah lolos uji ketat MIL-STD 810. Lolos uji tersebut, ponsel Oppo ini diketahui mampu menahan getaran kuat, tetap utuh di dalam pot tanpa aksesoris travel, dan melompat 26 kali dari ketinggian 1,22 mm tanpa kehilangan fungsinya.

Oppo pun membuktikan keawetan smartphone ini dengan membuka durian. Pengujian MIL-STD 810H dilakukan oleh perusahaan internasional SGS, yang menyediakan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi.

Selain daya tahannya, smartphone ini juga memiliki spesifikasi yang sangat baik. Salah satunya adalah kecerahan layarnya yang mencapai 950 nits sehingga memudahkan melihat konten yang diambil di bawah terik matahari.

A60 juga dilengkapi dengan baterai kesehatan mesin untuk menjaga performa baterai hingga 4 tahun. Oppo juga membundel perangkat ini dengan opsi pengisian daya SuperVOOC 45W.

Oppo mengklaim fitur ini mampu mengisi baterai smartphone hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Terdapat pula dual speaker dengan jajaran Ultra Volume 300 persen untuk suara jernih dan jernih meski di lingkungan bising.

Oppo A60 disebut-sebut cocok untuk berbagai kalangan karena beragam pilihan yang ditawarkan, mulai dari ketahanan, spesifikasi, dan desain. Oppo mengatakan ini adalah smartphone untuk pelajar, ibu rumah tangga, dan orang yang bekerja di luar negeri.

FYI, Oppo A60 sudah dirilis online di Indonesia sejak Jumat (17/5/2024). Ponsel yang relatif terjangkau ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 2 jutaan.

Oppo A60 dengan konfigurasi RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol Rp 2.599.000 dengan bonus gratis keanggotaan Vidio 1 bulan.

Ponsel Oppo ini memiliki desain cantik dengan tepian kontras di kedua sisinya. Meski memiliki desain cantik, namun Oppo A60 menawarkan ketahanan bodi yang lebih kencang dan juga bisa digunakan untuk bekerja.

Daya tahan bukan satu-satunya fitur dari bodinya yang sangat kuat, karena ponsel ini bersertifikat MIL-STD810H untuk keandalannya.

Ketahanan bodi yang kokoh bukan berarti menjadikan Oppo A60 berat, dimensi ponsel ini 165.71 x 76.02 x 1.68 mm dan bobot sekitar 186 g membuat ponsel ini sangat nyaman untuk digenggam dan dibawa kemana saja.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto berani mengklaim ponsel ini menjadi satu-satunya smartphone di pasaran yang memiliki bodi awet dan stylish.

“Mungkin ponsel ini satu-satunya di pasaran yang memiliki standar militer namun tidak memiliki desain yang berat,” kata Aryo pada acara uji ketahanan Oppo A60 di Tangerang, Kamis (16/05/2024).

Saat memperkenalkan Oppo A60 di hadapan rekan-rekan media, Aryo beberapa kali menjatuhkan ponsel tersebut. Alhasil, ponsel tetap bertahan dan dapat digunakan dengan nyaman tanpa ada kerusakan.

Selain ketahanannya, HP Oppo A60 juga bersertifikat IP54 yang artinya ponsel ini bisa digunakan meski dalam kondisi hujan.

Oppo A60 juga menawarkan spesifikasi yang siap untuk keperluan sehari-hari, di mana ia memiliki internal Qualcomm Snapdragon 680 4G dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

ROM ponsel ponsel ini menggunakan spesifikasi UFS 2.2 yang memiliki transfer data jauh lebih cepat dibandingkan tipe eMMC sehingga dipercaya dapat membuka aplikasi dan mentransfer data dengan cepat.

Oppo A60 memiliki ruang layar sebesar 6,67 inci dengan refresh rate hingga 90Hz, sehingga mampu menawarkan pengalaman browsing lebih lancar dibandingkan refresh rate 60Hz.

Selain itu, kecerahan layar ponsel ini mencapai 950 nits sehingga menjamin tampilan tetap bagus meski di bawah terik matahari.

Kamera ponsel ini juga mampu memberikan kualitas foto yang lebih dari cukup karena memiliki dua kamera dengan resolusi 50 MP untuk kamera utama dan 2 MP untuk foto sekunder. Selain itu, ada juga kamera depan 8MP yang mampu menghasilkan foto selfie ciamik.

Untuk menemani aktivitas sehari-hari, Oppo A60 dibekali baterai besar 5000mAh dengan kemampuan pengisian daya SuperVOOC 45W yang mampu mengisi daya baterai secepat mungkin.

Oppo A60 hadir dengan sistem operasi terbaru ColorOS 14 berbasis Android 14 yang menawarkan keamanan dan privasi.

Untuk membuktikan ketangguhan bodi smartphone ini, Oppo Indonesia mengajak media partner untuk merasakan langsung kehebatan Oppo A60 yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

Pengujian yang dilakukan sangat mengejutkan karena pengujian HP dilakukan dengan cara menghancurkan buah durian. Durian sendiri memiliki permukaan keras yang dikelilingi duri tajam.

Hebatnya lagi, ponsel Oppo ini mampu menembus kulit keras buah yang paling keras sekalipun. Membukanya tidaklah sulit, bahkan sangat sederhana.

Sebagai informasi, Oppo A60 bisa dikatakan telah mengantongi sertifikat militer MIL STD-810-H yang menjamin keawetan bodi smartphone ini meski dalam kondisi penggunaan ekstrim.

Ponsel ini juga telah menjalani berbagai pengujian ekstrem seperti uji jatuh, uji getaran, bahkan uji listrik statis (electronicdischarge/ESD).

Meski digunakan buah durian yang berkulit keras dan permukaannya kasar untuk dibelah, namun Oppo A60 tetap bisa hidup dan berfungsi normal. Padahal, permukaan ponsel ini tergolong mulus tanpa ada goresan.

FYI, durian dibuka menggunakan Oppo A60 dengan cara dipukul beberapa kali dengan keras.

Hasilnya, Oppo A60 tetap terlihat mulus dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Hal ini membuktikan daya tahan bodi Oppo A60 sangat kokoh. Tak hanya itu, bodi kokohnya dikelilingi desain cantik dan elegan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *