Scroll untuk baca artikel
Sains

Pembangunan Pusat Data Nasional Digeber, Bakal Diresmikan Agustus oleh Presiden

15
×

Pembangunan Pusat Data Nasional Digeber, Bakal Diresmikan Agustus oleh Presiden

Sebarkan artikel ini

Cikarang – Pusat Data Nasional Indonesia (PDN) di Cikarang rencananya akan dibuka pada bulan Agustus 2024, bertepatan dengan hari ulang tahun Indonesia. Rencana tersebut diubah menjadi dua bulan lebih cepat dari jadwal semula yang seharusnya selesai pada bulan Oktober.

“Seiring berjalannya proyek, saya mendapat amanah untuk mempercepatnya. Kita berharap pada hari ulang tahun Republik Indonesia, pusat data nasional sudah siap untuk diresmikan oleh presiden,” kata Pit. Direktur Layanan Penerapan Teknologi Informasi Pemerintah/Direktur e-Government Aris Kurniawan saat bertemu dengan detiktegal Tekno di lokasi pembangunan Pusat Data Nasional Cikarang.

Pusat data nasional ini terletak di Greenland International Industrial Center di Deltamas. Gedung data center di Cikarang ini memiliki luas hampir 16.000 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 5 hektar.

Biaya pembangunan proyek ini mencapai 164 juta euro, sebagian besar dibiayai oleh pemerintah Prancis. Selain itu, proyek ini memiliki performa yang mencakup penggunaan prosesor 25 ribu inti, memori 200 terabyte, memori 40 petabyte, dan kebutuhan listrik hingga 20 megawatt.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan dua pusat data lainnya yang akan berlokasi di Batam, ibu kota baru nusantara. Proses penawaran untuk proyek di Batam saat ini sedang berlangsung.

“Proses lelang konsultan di Batam diharapkan selesai bulan depan. Diharapkan pembangunannya bisa dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan. Target penyelesaiannya akhir tahun 2026 atau awal tahun 2027.” – dia berkata. .

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia menegaskan komitmennya untuk mempercepat perubahan menuju digitalisasi di berbagai sektor. Salah satu langkah yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) berskala besar.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, pengembangan PDN merupakan langkah penting untuk membantu percepatan proses transformasi digital di Indonesia. Menurutnya, keberadaan data center sangat penting sebagai infrastruktur digital yang mampu menyimpan, mengolah, dan mengelola data digital secara efektif. BKKBN menyebutkan pentingnya anak membawa bekal ke sekolah pada manusia, otak memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Diketahui bahwa otak anak berkembang antara usia 0-6 tahun. Inilah yang disebut dengan masa keemasan. detiktegal.co.id 11 Juni 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *