Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Pendaftaran Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024 Dibuka, Ini Syaratnya

8
×

Pendaftaran Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024 Dibuka, Ini Syaratnya

Sebarkan artikel ini

SEMARANG – Universitas Semarang (Unnes) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri.

Seleksi Mandiri Prestasi Unnes merupakan jalur yang membuka peluang bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi non-akademik di sekolah seperti juara dalam bidang IPA, olah raga, seni dan prestasi keagamaan seperti Hafidz Qur’an.

Baca juga: Unesa Buka Pendaftaran Jalur Sukses Mandiri 2024, Ini Basisnya

Prestasi tersebut harus dibuktikan dengan sertifikat, piala atau medali emas. Selain itu, siswa yang akan menjadi ketua atau pengurus OSIS mendapat tambahan poin jika mempunyai prestasi.

Dikutip dari laman Unnes, berikut beritanya.

Kriteria tindakan pada pemilu Unnes 2024

1. Pemenang I, II dan III (penerima sertifikat emas, perak dan perunggu, piala atau medali) minimal tingkat nasional dalam bidang olah raga, seni/budaya, lomba mata pelajaran atau agama yang diperoleh selama SMA/MA/SMK. /MAK. .

2. Juara I (penerima sertifikat, piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni/budaya, lomba mata.

Pelajaran serta materi keagamaan yang diterima selama SMA/MA/SMK/MAK.

3. Memiliki kemampuan/keterampilan luar biasa yang dibuktikan dengan surat keterangan atau surat keterangan dari instansi pemerintah, yaitu hafalan Al-Qur’an minimal 20 juz bagi umat Islam atau prestasi keagamaan lainnya bagi non-Muslim, penemu teknologi, yang dibuktikan dengan hak paten, hak pencipta atau Hak Kekayaan Intelektual (DPI lainnya) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (orang atau kelompok orang maksimal 3 orang).

4. Juara olahraga yang diakui adalah juara pada event olahraga perorangan atau kolektif yang diselenggarakan oleh KONI, Kementerian (POPDA atau O2SN) atau dinas olahraga dan juara resmi yang diakui dan diakreditasi melalui surat pengantar dari asosiasi olahraga induk.

5. Juara/seni dan teknologi yang diakui adalah juara perseorangan dalam bidang musik, suara, tari, menulis/membaca puisi, nembang macapat, seni lukis, kriya, sejarah dan visual, poster, batik, pemrograman, robotika, animator, desain, fotografi dan media pembelajaran. Pemenang kelompok antara lain teater (minimal 6 orang), musikal/musik tradisional (minimal 10 orang), tari (menurut pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud atau kementerian terkait lainnya.

6. Juara olimpiade yang diakui adalah juara beregu atau grup (maksimal 3 orang) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, atau kementerian lain.

7. Pemenang lomba keagamaan yang diakui adalah MTQ perorangan atau juara lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atau kementerian lain.

8. Prestasi juara lainnya tercantum pada laman https://Pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

9. Siswa yang pernah menjadi Ketua/Wakil Sekretaris OSIS akan mendapat tambahan poin jika mempunyai prestasi 1 sampai 8.

10. Bukti penghargaan, penghargaan kejuaraan atau penghargaan menurut bidang prestasi/keterampilan luar biasa 1 s/d 8 harus mendapat persetujuan pimpinan Sampan – perusahaan setempat atau pejabat/pengawas yang berwenang.

Baca juga: Pembukaan Resmi! Inilah syarat untuk mendaftar Jalur Seleksi Prestasi Akademik UNY Tahun 2024

Bagaimana cara mendaftar

1. Buka halaman unnes.ac.id/admission

2. Lengkapi biodata Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *