Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Penyelundupan Benih Lobster Masih Marak, Ini Solusi Atasinya

6
×

Penyelundupan Benih Lobster Masih Marak, Ini Solusi Atasinya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta Keputusan pemerintah memperbarui Kebijakan Pengelolaan Stok Lobster (BBL) Transparan dengan menerbitkan Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 7 Tahun 2024 dinilai tepat. Peraturan baru ini bisa menjadi solusi untuk meredam maraknya penyelundupan BBL.

“Kita patut bersyukur pemerintah telah menghilangkan pelajaran menyakitkan ini dengan mengeluarkan peraturan baru. Memang belum sempurna, tapi bagus, sudah ada perbaikan. Setidaknya kita tidak berhasil menyelundupkannya, tapi tetap saja.” “Kita tingkatkan penggunaannya, jadi diekspor, itu mata uang yang bagus ke luar negeri,” kata akademisi Jamaluddin Jompa, Selasa (23/04/2024).

Prof Jamaluddin menjelaskan, sebaiknya perdagangan sangrai resmi tetap dilanjutkan karena meski pemerintah sudah melarang ekspor BBL, namun penyelundupan tetap terjadi. Peredaran narkoba menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi negara.

Selain itu, tingginya angka kematian ikan juvenil menjadi alasan cangkang ini dimanfaatkan untuk budidaya dalam negeri atau diperdagangkan secara formal untuk diekspor.

“Saat pertama kali kita melarang (penangkapan ikan BBL), pertanyaannya adalah: Apakah populasi lobster meningkat secara signifikan? Kalau sudah menurun ya sebaiknya dimanfaatkan,” ujarnya.

Ia juga meyakini kerja sama lobster dengan negara-negara dengan teknologi pertanian maju seperti Vietnam akan memberikan dampak positif bagi budidaya lobster di Indonesia. Melalui kolaborasi kedua negara, teknologi pertanian diwariskan, sehingga sebagian besar petani lobster Indonesia masih menerapkan praktik tradisional hingga saat ini.

 

Selain itu, aturan baru pengelolaan benih ikan memberikan peluang bisnis lobster dari hulu hingga hilir yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak memanfaatkan peluang ini.

“Transfer teknologi dari negara tetangga dan kerja sama dengan pengusaha Indonesia diperlukan. Bagus. Jadi mari kita gunakan benih ini. Benih-benih ini merupakan produk hidup yang melalui siklus kematian alami. Semua orang yang terlibat harus bekerja sama. Regulasi “Untuk memproduksi lobster dewasa untuk kebutuhan nasional dan global.

 

Sementara itu, pemerintah Vietnam mulai memberlakukan pembatasan yang lebih ketat terhadap operasi perdagangan BBL ilegal di negaranya setelah beberapa kali melakukan kontak intensif dengan pemerintah Indonesia.

Menurut Vietfishmagazine, Kementerian Pembangunan Pedesaan dan Pedesaan Vietnam telah mengeluarkan dokumen resmi dari komite masyarakat provinsi dan kota untuk mencegah perdagangan ilegal, impor dan ekspor bayi lobster.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *