Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Perjuangkan Akses Pendidikan, Marwan Hakim Kobarkan Semangat Belajar dari Desa Terpencil

11
×

Perjuangkan Akses Pendidikan, Marwan Hakim Kobarkan Semangat Belajar dari Desa Terpencil

Sebarkan artikel ini

LOMBOK TIMUR – Marwan Hakim, 35 tahun, adalah seorang guru dan tenaga kependidikan di Desa Aykperapa, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Meski disegani, penampilan Marwan sangat sederhana.

Sebagai kata sifat, dia tidak memiliki topi putih untuk menunjukkan bahwa dia adalah seorang guru. Tak jarang masyarakat di luar Desa Aikperapa menganggapnya sebagai tukang ojek.

Namun, pendidikan lebih lanjut di bidang ini harus dipertimbangkan. Aikperapada adalah orang pertama yang mendirikan sekolah menengah pertama dan atas. Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Sejak tahun 2002, ia mengajak anak-anak lulusan sekolah dasar untuk melanjutkan studi. Maka didirikanlah sebuah sekolah menengah pertama di rumahnya. Ini adalah sekolah menengah pertama di desa Aikperapa.

Ia pun mendirikan sekolah menengah bersama teman-temannya. Kini perjuangan Marwan dan kawan-kawan tidak sia-sia. Didirikan pada tahun 2004, 200 orang tamatan SMA dan 50 orang tamatan SMA.

Hal ini menjadi bukti keberhasilan Marwan dalam mengobarkan semangat belajar anak-anak di pelosok tersebut, bahkan di Dusun Bornong, desa tertinggi di kaki Gunung Rinjani. Sekolah tidak memaksa orang tua untuk membayar uang.

Jika orang tua tidak dapat membayar tunai, mereka dapat membayar dengan barang. Misalnya biaya administrasi ditanggung oleh tanaman pisang.

Atas inisiatif, perjuangan dan pengorbanannya dalam mengedepankan hak pendidikan anak-anak di desanya, Marwan dianugerahi SATU Indonesia Award pada tahun 2013.

Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra

Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat yang mengintegrasikan 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan kewirausahaan ke dalam masyarakat pedesaan.

Melalui program Kampung Berseri Astra, masyarakat dan Astra dapat bersinergi menciptakan ruang bersih, sehat, cerdas dan produktif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan Kampung Berseri Astra.

Pengembangan lebih lanjut dari KBA adalah Astra Sustainable Village (DSA), yaitu program kontribusi sosial di bidang kewirausahaan wilayah Astra.

Program ini bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas, start-up, dan masyarakat pedesaan untuk mengembangkan perekonomian pedesaan berbasis potensi pedesaan dan produk-produk berkualitas tinggi.

Program DSA mencakup bantuan bagi masyarakat pedesaan untuk memfasilitasi segala hal mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan infrastruktur hingga permodalan dan pemasaran produk.

Penghargaan SATU Indonesia

Penghargaan Astra Spirit of Integrated for (SATU) Indonesia merupakan wujud terima kasih Astra kepada generasi muda, individu, dan kelompok yang memimpin dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat di sekitarnya.

Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan Hidup, Bisnis dan Teknologi, serta kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

Astra juga mendorong peserta muda SATU Indonesia Awards untuk bermitra dengan program unggulan KBA dan DSA melalui program ini.

Kami berharap hal ini dapat memberikan dampak yang lebih positif dan kontribusi berkelanjutan terhadap upaya pembangunan di kawasan. Sejarah Astra Otoparts, pemasok komponen otomotif yang sedang berkembang Astra Otoparts merupakan salah satu perusahaan komponen otomotif terkemuka di Indonesia. detiktegal.co.id 3 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *