Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Profil Shunsuke Nakamura, Eks Timnas Jepang yang Pensiun di Usia 44 Tahun

7
×

Profil Shunsuke Nakamura, Eks Timnas Jepang yang Pensiun di Usia 44 Tahun

Sebarkan artikel ini

Suara.com – Perjalanan panjang Shunsuke Nakamura sebagai pesepakbola profesional akhirnya akan berakhir. Mantan pemain timnas Jepang itu akan pensiun pada akhir musim 2022.

Dengan begitu, berarti Nakamura akan gantung sepatu di usianya yang ke-44 tahun. Tentu bukan waktu yang singkat bagi seorang pemain untuk bisa langgeng menjadi pesepakbola profesional.

Usia dan cedera menjadi faktor besar yang akhirnya membuat Nakamura memutuskan untuk berhenti. Meski begitu, Nakamura masuk dalam daftar pesepakbola Jepang dan Asia.

Di bawah ini ulasan profil singkat Shunsuke Nakamura yang terkenal dengan tendangan bebasnya yang mematikan.

Profil Shunsuke Nakamura

Nakamura lahir di Yokohama, Kanagawa, Jepang pada tanggal 24 Juni 1978. Ia merupakan produk asli dari Yokohama P. Academy. Marinus.

Klub profesional pertama Nakamura dimulai di Yokohama pada tahun 1997. Sejak musim pertama, Nakamura langsung tampil sebagai gelandang serang yang menjanjikan.

Pada periode pertamanya membela Yokohama F. Marinos, Nakamura mencatatkan 178 penampilan dengan 38 gol. Nakamura kemudian pindah ke Regina pada musim panas 2002 dan menghabiskan tiga musim di Liga Italia sebelum hengkang ke raksasa Skotlandia Celtic.

Bersama Celtic, ia menjadi favorit penggemar dan bersinar di Liga Champions selama empat tahun mengabdi. 

Salah satu yang menarik adalah ketika ia mencetak dua tendangan bebas di babak penyisihan grup Liga Champions melawan Manchester United pada tahun 2006, satu di Old Trafford dan satu lagi di Celtic Park.

Setelah meninggalkan Celtic, Nakamura bergabung dengan Espanyol di Liga Spanyol. Baru satu musim di sana, Nakamura kembali ke Jepang untuk membela Yokohama F. Marinus.

Setelah menghabiskan 7 musim di periode kedua bersama Yokohama F. Marinos, Shunsuke Nakamura pindah ke Jubilo Iwata selama 2 1/2 musim.

Klub terakhir yang dibela Nakamura adalah Yokohama FC yang saat ini bermain di liga J2. Ia membela klub ini sejak 2019.

Dari segi prestasi, Shunsuke Nakamura terbilang cukup sukses. Ia memenangkan gelar Liga Skotlandia, Piala Skotlandia, Piala Liga Skotlandia, Piala J-League, Piala Kaisar dan dua kali menjadi MVP J-League.

Di tingkat nasional, Shunsuke Nakamura pernah menjadi anggota tim Jepang yang menjuarai Piala Asia pada tahun 2000 dan 2004 serta tampil di Piala Dunia pada tahun 2006 dan 2010.

Total, Shonsuke Nakamura tampil sebanyak 98 kali untuk timnas Jepang dan mencetak 24 gol.

[Aditya Rizky]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *