Scroll untuk baca artikel
Edukasi

SDN Cibening 01 Setu, Sukses Bangun Lingkungan Sekolah Hasil Kolaborasi Komite dan Kepala Sekolah

16
×

SDN Cibening 01 Setu, Sukses Bangun Lingkungan Sekolah Hasil Kolaborasi Komite dan Kepala Sekolah

Sebarkan artikel ini

detiktegal Edukasi – Pendidikan emas penting di tahun 2045. unsur Indonesia. Untuk itu, generasi penerus bangsa harus dibina sejak dini melalui aspek-aspek yang benar, bermutu, modern, dan penting di era saat ini. Kurikulum Merdeka.

Keberadaan Komite yang selama ini kurang mendapat perhatian juga cukup penting.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016 berdasarkan pesanan no. 75 tentang komite sekolah menekankan fungsi dan peran komite sebagai bagian yang harus diberdayakan untuk mencapai tujuan pendidikan bermutu. 

Peran komite sekolah adalah membantu meningkatkan fokus dan komitmen masyarakat terhadap pendidikan berkualitas. Berkolaborasi dengan masyarakat (individu/organisasi/dunia usaha dan industri dan pemerintah) untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.

Pada saat yang sama, Komite Sekolah harus menjalankan 4 peran, yakni sebagai lembaga pengkaji (advisory agency), pendukung (supporting agency) baik dalam bentuk keuangan, pemikiran, dan tenaga, serta sebagai pengawas (supervisory agency). konteks transparansi dan akuntabilitas serta perantara (intermediary agency) antara pemerintah (eksekutif) dan masyarakat di departemen pendidikan.

SDN Cibening 01 Setu menjadi contoh baik kerjasama antara panitia dan direktur. Keduanya bersatu demi kemajuan sekolah, Komite leluasa mengakses informasi pengelolaan dana BOS dan sebaliknya, Komite dan orang tua murid bahu-membahu membangun infrastruktur sekolah, hal yang tidak akan mungkin terjadi jika keduanya bersatu. tepercaya. . dana yang tersedia.

Ketua SDN Cibening Sarip Hidayatullah menjelaskan, “SDN Cibening 01 Setu berinovasi memiliki tim yang khusus mengawasi pengelolaan dana sumbangan, dimulai dari pembentukan perwakilan kelas untuk menerapkan pengelolaan komite yang baik.” 01 Setu Panitia, Ketua Forum Panitia Kabupaten Bekasi.

Kepala SDN Cibening 01 Setu M. Muhayati, menurut ketua panitia, mengatakan: “Kepala sekolah dan panitia mempunyai kedudukan yang setara sebagai mitra di bidang pendidikan. Komite bertanggung jawab langsung kepada orang tua dan masyarakat, dan kepala sekolah bertanggung jawab atas kemajuan, mutu, pengembangan staf, dan kesempatan belajar yang adil bagi siswa. “Sebagai kepala sekolah tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah, dalam hal ini komite sekolah.”

Sementara itu, Ketua Bidang Hubungan Antar Organisasi dan Publisitas Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Septiana mengatakan. 

“Contoh SDN Cibening 01 Setu apa yang bisa dijadikan acuan untuk menciptakan kerjasama antara panitia dan direktur. 

Kami bertemu banyak rekan Komite yang tidak memahami tanggung jawab mereka, dan beberapa di antaranya terhambat oleh buruknya komunikasi dengan kepala sekolah. “Gagasan Forum Komite Sekolah Kabupaten Bekasi ini dapat dijadikan wadah komunikasi untuk saling belajar dan mengingatkan agar program sekolah dan komite dapat bersinergi.”

Kerjasama ini pada akhirnya dapat melahirkan SDN Cibening 01 Setu untuk dikembangkan lebih lanjut, mulai dari pembuatan pagar dan gerbang sekolah, pengerasan jalan atau beton permukaan tanah, pekerjaan pemeliharaan ringan, dan lain-lain. Semua itu bersumber dari sumbangan orang tua yang melihat bukti nyata bahwa dana sumbangan tersebut dimanfaatkan dengan baik.

Menurut Sarip, panitia harus diberdayakan dengan baik, kegiatannya tidak boleh diremehkan atau diabaikan. Oleh karena itu, pertemuan Forum Komite Sekolah diadakan sebagai sarana berbagi pengalaman, karena sebagian besar kepala sekolah masih menutup diri terhadap transparansi anggaran. 

Kedepannya dengan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi diharapkan Forum Komite dapat menjadi forum resmi untuk membantu anggota komite yang belum memahami fungsi dan perannya untuk belajar bersama di forum ini. Fadli Zon memperkuat komitmen parlemen untuk memerangi korupsi di Asia Tenggara. detiktegal.co.id 2024 23 Mei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *