Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Siswa SMA Ditantang Bikin Inovasi di Bidang Makeup dan Skincare

4
×

Siswa SMA Ditantang Bikin Inovasi di Bidang Makeup dan Skincare

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Prospek bisnis perawatan tubuh dan wajah diprediksi akan semakin cerah. Oleh karena itu, inovasi dalam tata rias dan perawatan kulit sangat penting untuk menjamin kualitas produk.

Untuk meningkatkan kapasitas tersebut, Lembaga Ilmu Hayati Internasional Indonesia (i3L) menyelenggarakan iCS Skinovation 2023. Ajang untuk siswa SMA seluruh Indonesia ini dimulai pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2023 dan memasuki babak semifinal.

Kompetisi ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menghadapi tantangan nyata dalam menghadirkan produk perawatan kulit berkualitas. Selain itu, pihak penyelenggara berharap kompetisi ini dapat menggugah semangat inovasi dan kerja sama di kalangan generasi muda Indonesia.

Kompetisi bertajuk Scinovation ini berhasil menarik perhatian banyak peserta selama dua hari penuh. Pada hari pertama, 26 Agustus 2023, diisi dengan sesi presentasi para semi finalis yang berhasil lolos melalui proses seleksi yang ketat.

Para peserta antusias membagikan ide cemerlangnya dalam menghadirkan produk perawatan kulit dan makeup yang inovatif. Tak hanya itu, acara juga menampilkan beauty talk yang menghadirkan pembicara Teresa Senandang, koordinator operasi dan penelitian Skinproof Indonesia.

Hari kedua ICS Scinovation 2023 dilanjutkan dengan seminar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai industri perawatan kulit dan makeup. Beauty talk kedua kemudian dibawakan oleh Yesi Nia, Head of Product Development Something NC.

Sanjay Mallyawani, Wakil Rektor III i3L mengatakan kompetisi ini sedikit berbeda dengan jenis kompetisi lainnya karena banyak aspek kompetisi yang ingin diukur dan dipahami.

“Saya yakin hal-hal ini akan membuat kalian (peserta) menjadi lebih baik di masa SMA dan mempersiapkan kalian untuk memasuki dunia kuliah nanti,” jelas Sanjaya dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Mengingat pada Sabtu, 2 September 2023.

Selain itu, presentasi semifinalis iCS Skinovation 2023 dinilai tidak hanya oleh juri internal i3L, tetapi juga oleh para pemimpin industri dan pakar eksternal yang terlibat. Juri eksternal tersebut antara lain Irene Ursula, CEO Somethingnc; Inovasi Spesialis Cetriurinary, Dermatologi, Kecantikan dan Perawatan Pribadi Anti Penuaan SkinProof di Indonesia; Shelly Toreshia, Ketua HIASKOS; Bio Ahmed Ramdani, pakar kosmetik warna R&D di Paragon. dan Erwani Setia Susanti dari Procter & Gamble.

Acara iCS Skinovation 2023 diakhiri dengan momen yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman para finalis. Dari 60 grup semifinalis pertama yang melalui proses seleksi ketat, akhirnya berhasil terpilih 10 grup untuk melaju ke babak selanjutnya.

Para finalis berasal dari berbagai sekolah antara lain SMA Tarakanita 1, GMIS Kemayoran, Sekolah Pah Tsung, Sekolah Kristen IPEKA BSD, Kampus Cita Hati Barat Surabaya, SIS Kelapa Gading Jakarta Timur Laut, Sekolah Springfield dan Sekolah Bunda Mulia. Sedangkan babak final iCS Skinovation 2023 akan berlangsung pada akhir September mendatang. 40 sekolah menengah dan kejuruan di 11 kota menerima pendidikan bisnis, kini menjadi profesional bisnis. Hingga Agustus 2023, lebih dari 3.400 siswa dari 40 SMA dan SMK di 11 kota dan kabupaten di Indonesia rutin belajar kewirausahaan. detiktegal.co.id 15 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *