Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Tagar #ModalFinal oleh Bobotoh Persib, Rela Jual Barang Demi Dukung Tim Kesayangan

9
×

Tagar #ModalFinal oleh Bobotoh Persib, Rela Jual Barang Demi Dukung Tim Kesayangan

Sebarkan artikel ini

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Persib Bandung membukukan tiket ke final seri Kejuaraan Liga 1 2023/2024 setelah mengalahkan Bali United dalam dua leg semifinal. Usai bermain imbang 1-1 pada leg pertama, Mang Bandung menang 3-0 melawan Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18 Mei 2024).

Di babak final, Persib akan menghadapi Madura United yang menang agregat 4-2 melawan Borneo FC. Suporter Persib atau biasa disapa Bobotoh menanti partai final yang kembali digelar dalam dua leg, yakni leg pertama di Bandung, Minggu (26 Mei 2024), dan leg kedua di Bangkalan, Jumat (31). /Mei 2024).

Final tersebut membawa kembali kenangan akan Indonesia Super League (ISL) 2014 ketika Persib sukses membukukan tiket ke final di Palembang melawan Persipura Jaipura. Karena semangatnya yang tinggi, Bobotohs mencari modal untuk langsung mendukung tim juara di laga terbaiknya. Saat itu, hashtag #Final Capital sedang trending di Twitter (sekarang X).

Saat tim Persib bersiap menghadapi final ISL pada 7 November 2014, dengan tagar #FinalCapital, Bobotos mengutarakan keinginannya untuk menjual barang kesayangannya sebagai modal jalan-jalan ke Palembang. Untuk menggalang dana untuk perjalanan ke Palembang, kami menjual atau menggadaikan berbagai barang, antara lain sepatu, kaos, telepon seluler, dan TV. 

Wali Kota Bandung saat itu, Ridwan Kamil, pun melelang kaos kesayangannya untuk membantu masyarakat Boboto. “Saya mau melelang kaos era Pilkada kesayangan saya untuk perpanjangan masa tinggal di Palembang. Mulai Rp 1 juta. Mau? #modalfinal,” Rabu, 6 November 2014 (melalui Twitter saat itu).

Meski demikian, semangat Boboto melakukan perjalanan jarak jauh hingga laga tandang Liga 1 2023/2024 tak luput dari perhatian. Sebab, PSSI punya aturan yang melarang suporter memberikan dukungan pada suporter musim ini. Boboto Persive baru bisa menyaksikan pertandingan tersebut melalui layar kaca saat melakoni leg kedua di Stadion Bangkalan, Jumat (31 Mei 2024).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *