Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Terbang ke Korsel, Dirut PT KSP Bujuk Investor Tanam Investasi di Kawasan Industri Cilegon

8
×

Terbang ke Korsel, Dirut PT KSP Bujuk Investor Tanam Investasi di Kawasan Industri Cilegon

Sebarkan artikel ini

Suara.com – PT Krakatau Sarana Properti (KSP), bagian dari PT Krakatau Steel Company, berupaya meyakinkan investor asing untuk berinvestasi di Kawasan Industri Clegon. Salah satu investor asing yang dibidik adalah asal Korea Selatan.

General Manager PT Krakatau Sarana Property Riddy Djajakusuma adalah General Manager Kawasan Industri PT. KSP Noor Vijayanto mengunjungi Korea baru-baru ini.

Reedy Djajakusuma mengunjungi beberapa perusahaan yang ada dalam kunjungannya ke Korea, salah satunya adalah CEO Dongjin Junkyu Lee dan beberapa perusahaan Korea Selatan lainnya seperti KGT Asset Management, Seo-Hyun Partners LLC serta mengadakan pertemuan di Gedung POSCO Seoul.

“Dongjin sudah memiliki dua pabrik di Ceylon. Dalam wawancara kali ini, saya berbicara langsung dengan CEO Dongjin Junkyu Lee tentang kemungkinan perusahaan kimia dan tekstil tersebut membuka pabrik ketiga di Clegon Industrial Park. Ridi Djajakusuma dalam keterangan resmi dari Korea, Jumat (21/10/2022) mengatakan: “Indonesia merupakan salah satu tujuan investasi bagi perusahaan Korea.”

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pemerintah telah menerima komitmen investasi dari beberapa perusahaan Korea Selatan pada tahun ini yang berjumlah 100,699 miliar dolar AS atau $6,78 miliar. Pada 2010-2021, terdapat total 24.579 proyek investasi Korea di Indonesia. Tahun 2020 merupakan item K-pop terbanyak dengan 5.468 item.

Reidy menambahkan, Dongjin merupakan salah satu dari 2.000 perusahaan Korea yang ada di Indonesia, bersama Krakatau POSCO, Lotte Group, LG Electronics, dan Hyundai. Menurutnya, kehadiran Lotte Group di Clegon Industrial Park memberikan dampak positif bagi perusahaan ritel asal Korea tersebut.

Oleh karena itu, saya berharap Dongjin dapat meningkatkan nilai investasinya di Indonesia dengan membuka pabrik tambahan di Ceylon Industrial Park. “Kami sudah menyiapkan lahan di Krakatau 3 untuk investor yang ingin membuka pabrik baru,” jelas Reidy.

Noor Vijayanto Kawasan Industri Umum PT. KSP juga menyampaikan, investor terbesar di Kawasan Industri Cilegon adalah Lotte Chemical, perusahaan asal Korea. Pada tahun 2017, Lotte Chemical mendirikan pabrik petrokimia seluas 80 hektar di Selgon, Kawasan Industri Krakatau (KIEC).

Juli lalu, Presiden Joko Widodo bertemu dengan 10 CEO perusahaan Korea di Seoul. Dari pertemuan itu, Jokowi menjanjikan investasi sebesar 100 triliun yuan di Indonesia yang berasal dari perusahaan Korea.

Memikirkan kembali hal tersebut, Noor Vijayanto mengatakan kini investor tidak akan menghadapi kendala dalam mendapatkan izin investasi. Karena Kebijakan Bidang Penanaman Modal UU No. November 2020 adalah tentang penciptaan lapangan kerja, khususnya penerbitan izin usaha dan insentif keuangan melalui sistem Online Single Transfer (OSS) berbasis risiko.

“Banyak perusahaan Korea yang menginvestasikan asetnya di Indonesia, khususnya di Kawasan Industri Kelgon. Ini bukti bahwa infrastruktur kami sangat layak dan memadai, sehingga investor hanya perlu membawa kopernya ke Clegane karena semua perizinan mudah dan nyaman. Pemerintah Indonesia, “mempercepatnya sebagai bagian dari komitmen bkpm dan pemerintah daerah Clegon dan Banten. Tidak hanya dari sisi pabrik, kami mengajak calon investor lain untuk membuka peluang bisnis lainnya, seperti mengajak investor untuk turut serta membangun smart city. Akomodasi, taman ramah lingkungan dan restoran di kota Clegaon, kata Noor Vijayanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *