Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Tren Work From Remote Meningkat, Ahli Sarankan Pakai Sepatu Meski di Dalam Rumah karena Alasan Ini

8
×

Tren Work From Remote Meningkat, Ahli Sarankan Pakai Sepatu Meski di Dalam Rumah karena Alasan Ini

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Meningkatnya tren bekerja jarak jauh berarti semakin banyak orang yang bertelanjang kaki sepanjang hari, dan semakin banyak orang yang menderita sakit kaki.

Ahli penyakit kaki dari Spesialis Kaki dan Pergelangan Kaki Mid-Atlantic di Silver Spring, MD Priya Parthasarathy mengatakan kepada TIME, ada peningkatan signifikan orang yang mengalami nyeri kaki dalam beberapa tahun terakhir.

Menurutnya, ada cara sederhana untuk menghindari rasa sakit, ketegangan, dan patah tulang karena stres: dengan memakai sepatu di dalam ruangan. Meski kebiasaan ini tidak umum terjadi di negara lain, khususnya di Asia.

“Ini membuat perbedaan besar,” kata Parthasarathy.

Jackie Sutera, ahli penyakit kaki yang tinggal di New York City, mengatakan orang cenderung tidak menyadari betapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk berjalan tanpa alas kaki di lantai keras di rumah.

“Anda akan bangun dan berdiri di sekitar dapur untuk memotong sayuran, atau membersihkan, atau naik turun tangga untuk mencuci pakaian,” kata Sutera kepada TIME.

Karena lantai keras tidak memberikan dukungan atau bantalan, dampaknya akan mengenai bantalan lemak kaki – lapisan tipis lemak di bawah bola kaki dan tumit.

Tekanan berulang pada kaki selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya menimbulkan masalah yang lebih besar, seperti plantar fasciitis atau Achilles tendinitis.

“Bisa bergerak ke atas, menyebabkan nyeri pada lutut, pinggul, dan punggung,” kata Parthasarathy, seperti dilansir New York Post.

“Tidak seorang pun boleh berjalan di lantai kayu sepanjang waktu. Sangat berbeda dengan berjalan di permukaan rumput lembut atau di pantai. Anda berjalan di atas kayu rekayasa.”

Lantai kayu bukan satu-satunya penyebab. Berjalan tanpa alas kaki juga memberi Anda kemungkinan lebih besar untuk tersandung sesuatu, menabrak furnitur, atau jari kaki tersandung, dan mengenakan sepatu dapat memberikan stabilitas lebih dibandingkan jika Anda bertelanjang kaki atau hanya mengenakan kaus kaki.

Orang yang menggunakan meja berdiri atau hanya berdiri sambil bekerja sepanjang hari dapat membuat kaki lelah dan menyebabkan kondisi kaki yang buruk, sehingga Parthasarathy menyarankan untuk menggunakan alas lantai anti lelah yang dipadukan dengan sepatu.

Namun tidak sembarang sepatu bisa digunakan.

Jika Anda membalik sepatu dan ternyata solnya sudah sangat aus, berarti sepatu tersebut tidak rata dan Anda memerlukan sepatu baru. Demikian pula, jika Anda bisa membengkokkan sepatu Anda menjadi dua, kata Dr. Nicole Brouyette, ahli bedah podiatrik senior di Henry Ford Health di Detroit, mengatakan kepada outlet tersebut.

“Setiap orang memiliki lengkungan alami, atau jika mereka memiliki kaki rata, mereka membutuhkan lengkungan alami,” katanya. “Saya memastikan sepatu tersebut memiliki fitur tersebut—Anda dapat memeriksa apakah ada sedikit tonjolan di bagian tengah kaki, di bagian bawah.”

Sandal memang bagus, tetapi mungkin tidak memberikan dukungan yang Anda butuhkan. Sepasang dengan sol luar memberikan dukungan lengkungan yang tepat.

Dan jika Anda khawatir dengan kuman, ada solusi mudahnya – belilah sepasang sepatu khusus untuk dipakai di dalam ruangan.

Sesampainya di rumah, lepas sepatu luar ruangan Anda dan ganti dengan sepatu dalam ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *