Scroll untuk baca artikel
Edukasi

UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

4
×

UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

Sebarkan artikel ini

Depok – Hasil UI GreenMetric World University Ranking 2023 diumumkan. Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai universitas terbaik di Asia pada kategori universitas paling berkelanjutan atau peringkat ke-24 dunia.

Jumlah universitas yang berpartisipasi meningkat dari 1.050 menjadi 1.183, namun UI tetap menjadi yang terbaik di negara ini, seperti tahun lalu. Peringkat UI ke-24 dunia ini merupakan hasil upaya UI dalam mewujudkan kampus ramah lingkungan. .

Dari enam kriteria yang ditentukan dalam pemeringkatan ini: lingkungan hidup, infrastruktur, energi, perubahan iklim, limbah, air, transportasi, pendidikan dan penelitian, UI memperoleh total 8.925 poin dibandingkan tahun lalu yang mencapai 8.800 poin. .

Peningkatan tersebut salah satunya berasal dari skor konfigurasi dan infrastruktur yang naik dari 1.175 menjadi 1.325. Standar konfigurasi dan infrastruktur setidaknya memiliki beberapa referensi. .

Indikator-indikator tersebut adalah persentase total luas ruang terbuka, luas kampus yang tertutup vegetasi hutan dan tumbuh-tumbuhan, serta luas ruang terbuka. Selain itu, berbagai fasilitas seperti program konservasi flora dan fauna, daerah tangkapan air, gedung, prasarana kesehatan, dan fasilitas keamanan juga turut diperhatikan. .

Kampus UI di Depok merupakan yang terbaik dalam kriteria ini karena seluruh kawasan UI merupakan hutan, 9% merupakan kawasan konservasi danau atau perairan, dan 70% merupakan ruang terbuka hijau. .

Untuk menjaga keberlanjutan, UI memiliki kebijakan rencana induk pengembangan kampus yang melestarikan 50 persen ruang terbuka dan ruang hijau. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang diambil UI adalah aturan membangun gedung baru setinggi 8 lantai atau lebih berdasarkan konsep green building. .

Berkat upaya tersebut, UI berhasil menyalip Universiti Putra Malaysia dalam UI Green Metric World University Rankings 2023. Wageningen University & Research di Belanda termasuk di antara lima universitas paling berkelanjutan di dunia dalam UI Green Metric World University Rankings tahun 2023. Universitas Nottingham Trent, Inggris. Kampus Umwerth Birkenfeld (Universitas Ilmu Terapan Trier), Jerman. Universitas Groningen (Belanda), Universitas California, Davis (AS). .

Rektor UI Profesor Ali Kunkolo mengatakan pemeringkatan UI GreenMetric memberikan landasan bagi perguruan tinggi untuk berkolaborasi demi mewujudkan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Kinerja UI secara global dalam pemeringkatan ini menunjukkan bahwa UI serius dalam meningkatkan infrastruktur universitas dan mengambil tindakan untuk menjadi universitas berkelanjutan secara global.

Dalam pernyataannya pada Kamis, 7 Desember 2023, ia mengatakan, “Kami percaya bahwa perguruan tinggi memiliki peran penting dalam upaya kolektif para pemangku kepentingan dan masyarakat untuk memerangi perubahan iklim.”

UI ingin memberikan kontribusi nyata dengan mengedepankan dan mengembangkan ide dan inovasi baru.

“Misalnya masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan melalui konservasi energi dan air, daur ulang sampah, dan transportasi ramah lingkungan,” kata Direktur Humas UI Amelita Lucia. Siti Nurbaya dan Sri Mulyani mengundang menteri Norwegia ke Taman Nasional Gunung Leuser, di mana Indonesia dan Norwegia membahas penguatan kerja sama dalam konservasi alam dan pengurangan emisi gas rumah kaca. detiktegal.co.id 2 Juni 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *