Scroll untuk baca artikel
Sains

Unik, Ada Lampu Lalu Lintas Khusus Penunggang Unta di Padang Pasir

6
×

Unik, Ada Lampu Lalu Lintas Khusus Penunggang Unta di Padang Pasir

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Menunggang unta menjadi aktivitas populer sepanjang Mei di Gunung Mingsha dan kawasan gurun Kumtag Rising, China. Pemerintah setempat juga memasang lampu lalu lintas bagi penumpang unta untuk memperlancar lalu lintas.

Oddity Central melaporkan pada Senin (13/5/2024) lampu lalu lintas unta yang aktif terlihat di Taman Alam Gunung Mingsha yang berpasir dan Danau Bulan Sabit di Provinsi Gansu, Chjna Cho. Saat libur tahunan di awal Mei, ribuan orang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata alam kota tersebut dan melakukan berbagai aktivitas.

Pada tahun 2023, akan ada sekitar 2.400 penunggang unta dan sepuluh ribu wisatawan per hari ke Gunung Mingsha dan Mata Air Bulan Sabit. Pasokan ini terjebak dalam lalu lintas yang padat. Untungnya, pihak berwenang setempat telah menemukan solusi cerdik dalam bentuk lampu lalu lintas unta.

Lampu lalu lintas di tengah gurun pasir memang terlihat unik, namun kebutuhan tersebut seiring dengan banyaknya pengunjung Gunung Mingsha pada awal Mei 2023. Pada hari pertama, pihak pariwisata menerima 10.000 pengunjung dan mengalami peningkatan. 20.000 pengunjung pada hari-hari berikutnya. Banyak dari mereka yang berjalan di sepanjang jalan sutra tua, namun mereka ingin menikmati pemandangan dengan menunggangi ribuan unta di sepanjang jalan populer tersebut.

Lampu lalu lintas berfungsi memberi isyarat ketika unta berhenti untuk memberi kesempatan kepada pejalan kaki untuk menyeberang. Saat lampu menyala hijau unta bisa lewat, saat lampu merah unta berhenti membiarkan pejalan kaki sebelumnya lewat.

Diperkirakan lebih dari 240 juta orang Tiongkok akan melakukan perjalanan selama liburan Mei tahun ini.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *