Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Viral Pengakuan Banyak Pria Ingin Vasektomi, Sadar KB Tidak Melulu Urusan Wanita

15
×

Viral Pengakuan Banyak Pria Ingin Vasektomi, Sadar KB Tidak Melulu Urusan Wanita

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Belakangan ini ada fenomena menarik yang viral di media sosial terkait prosedur vasektomi yang kerap dianggap ranah perempuan, namun kali ini melibatkan laki-laki.

Berawal dari cuitan akun @hasymmah di platform media sosial tersebut

Dalam cuitannya, Hasyim menyinggung program BKKBN yang memberikan layanan vasektomi gratis atau sangat terjangkau melalui Dana Hibah Khusus – Bantuan Operasional Keluarga Berencana (DAK-BOKB) di kabupaten/kota.

“Saya mau vasektomi. Saya cari informasi, lalu tim BKKBN datang ke rumah saya. Kalau ke RS saja biayanya Rp 4,5 juta. Kalau ikut program pemerintah, gratis dan mereka mendapat genap. uang daripada tidak bekerja, tulis Hasyim.

Program MKJP ini memperbolehkan laki-laki usia subur untuk menjalani vasektomi laki-laki tanpa merogoh kocek pribadi karena didukung penuh oleh pemerintah.

Bahkan, peserta program juga akan mendapat bantuan tunai senilai Rp450.000 sebagai imbalan gaji pekerjaan.

Layanan ini dapat diperoleh dengan mendatangi kantor konseling KB yang biasanya terdapat di setiap kecamatan, dimana petugas akan memberikan Komunikasi dan Informasi Edukasi (EIC) sebelum tindakan dijadwalkan.

Respon positif warganet terhadap cuitan Hasyim menunjukkan bahwa para pria sangat tertarik mengikuti program ini sebagai langkah nyata dalam mendukung program KB dan kesehatan reproduksi secara umum.

Menurut situs Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), vasektomi adalah operasi kecil (minoroperation) yang dilakukan untuk mencegah pengangkutan sperma ke testis dan penis.

Vasektomi merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah kehamilan karena bersifat permanen.

Dalam kondisi normal, sperma diproduksi di testis. Saat ejakulasi, sperma mengalir melalui 2 saluran tubular (vas deferens), bercampur dengan bahan mani (cairan pembawa sperma) dan keluar dari penis.

Prosedur vasektomi memiliki konsep bahwa saluran tuba (vas deferens) dipotong dan kedua ujung saluran diikat agar sperma tidak dapat mengalir dan bercampur dengan air mani.

Dengan kata lain, vasektomi adalah suatu tindakan klinis untuk menghentikan kemampuan pria dengan cara mencangkok vas deferens sehingga aliran pengangkutan sperma terhambat dan tidak terjadi proses pembuahan (penyatuan dengan sel telur).

Vasektomi adalah pilihan kontrasepsi permanen yang aman dan efektif bagi pria yang yakin tidak ingin atau tidak akan memiliki anak lagi di masa depan. Prosedur ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan metode kontrasepsi pria dan wanita lainnya.

Menurut Mayo Clinic, vasektomi memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi yaitu hampir 100% dalam mencegah kehamilan.

Prosedurnya relatif mudah dan cepat, hanya memakan waktu sekitar 30 menit dan dapat dilakukan secara rawat jalan. Risiko komplikasi dan efek samping juga relatif rendah.

Dapat dipastikan juga bahwa vasektomi tidak mempengaruhi kepuasan seksual atau mengganggu organ reproduksi.

Keuntungan lain dari vasektomi adalah biayanya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sterilisasi wanita (tubektomi) atau biaya alat kontrasepsi wanita dalam jangka panjang.

Selain itu, vasektomi juga membebaskan pria dari kekhawatiran menggunakan alat kontrasepsi sebelum berhubungan seks, seperti kondom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *