Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Yamaha XSR900 GP Tampil Garang dengan Gaya Motor Balap Jadul

12
×

Yamaha XSR900 GP Tampil Garang dengan Gaya Motor Balap Jadul

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Yamaha bersiap meluncurkan XSR900 GP, model bergaya balap jadul. Sekilas, corak bodinya mirip dengan motor balap Grand Prix YZR500 tahun 1980-an.

Meski belum diluncurkan, Yamaha Jepang mengumumkan harganya di angka 1.430.000 yen. Nilai tersebut setara dengan Rp 150 juta.

Ini merupakan angka yang sangat murah jika dibandingkan dengan harga motor sport OTR (800cc) di Indonesia.

Sekadar informasi, XSR900 GP dikembangkan berdasarkan Yamaha XSR900. Namun pihak pabrikan menyesuaikan kembali tingkat kekakuan bodi untuk mencapai keseimbangan dengan situasi berkendara baru.

Selain rangka belakang baru, sasisnya juga diperkuat dengan fokus pada geometri ala balap. Tujuannya adalah untuk meningkatkan stabilitas dalam lari cepat.

Selain itu, poros batangnya terbuat dari aluminium (hanya untuk model ini). Jadi ini juga berpengaruh pada handling dan front loading.

Berbicara tentang dimensi kendaraan, panjangnya 2.160 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.180 mm. Tinggi jok dari tanah 835 mm, ground clearance 145 mm, dan berat kotor 200 kg. Yamaha menawarkan pelek berukuran 17 inci dengan profil ban depan 120/70 mm. Kemudian kembali ke 180/55.

Disebut sebagai sepeda motor balap, sehingga suspensi depan dan belakangnya dikembangkan secara khusus. Yamaha mengandalkan sistem shockbreaker KYB Alert. Dapat disesuaikan sepenuhnya untuk berkendara sporty. Anehnya, tekanan redaman dapat diatur dengan dua cara: pada kecepatan tinggi dan rendah.

Jadi performa berkendaranya cukup tangguh. Ukuran bore time stroke mesin XSR900 GP adalah 78mm x 62mm. Rasio kompresi pembakaran piston tiga silinder adalah 11,5:1.

Efek internal yang dihasilkan memberikan peningkatan tenaga sebesar 120 PS pada 10.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya 93 Nm pada 7.000 rpm. Sedangkan untuk rekor konsumsi bahan bakarnya, berdasarkan klaim Yamaha mencapai 31,6 km/l dengan kecepatan uji terus menerus 60 km/jam. Berdasarkan WMTC, kecepatannya hanya 21,1km/l.

XSR900 GP juga dilengkapi dengan YRC (Yamaha Ride Control) dan teknologi bantuan berkendara lainnya. Hal ini memungkinkan pilot untuk memilih karakteristik keluaran mesin dan tingkat gangguan perangkat elektronik sesuai dengan preferensi berkendara. Itu juga termasuk penyesuaian kondisi permukaan jalan.

Anda dapat memilih mode prasetel: Olahraga, Jalanan, dan Hujan. Dukungan penuh pada QSS (Quick Shift System). Pengemudi dapat dengan mudah meningkatkan kecepatan saat akselerasi dan mengurangi kecepatan saat deselerasi.

Quickshifter ini merupakan generasi ketiga yang mendukung kepraktisan berkendara. Tidak perlu menarik tuas kopling.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Yamaha XSR900 GP dilengkapi dengan layar cluster pengukur digital TFT berukuran 5 inci. Sistem dapat mendukung navigasi. Anda juga dapat memilih dari empat model tampilan, termasuk speedometer analog khusus.

Selain kecepatan dan putaran mesin, juga menunjukkan pengukur bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata, termometer, indikator perpindahan gigi.

Anda juga dapat menghubungkan XSR900 GP ke smartphone dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect). Aplikasi dapat menampilkan berbagai informasi dan gambar di layar.

Perangkat lunak ini juga memungkinkan pengguna untuk mengelola kendaraan. Itu dapat menerima panggilan telepon, email masuk dan banyak lagi.

Untuk navigasi, pemilik harus menginstal aplikasi Garmin StreetCross di ponselnya. Hubungkan ke sepeda motor, sehingga muncul peta digital di instrument cluster.

Sumber: Oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *