Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

14 Pasien DBD Dirawat di RSUD Tamansari per 15 April 2024

11
×

14 Pasien DBD Dirawat di RSUD Tamansari per 15 April 2024

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) masih ada. Hingga Senin, 15 April 2024, sudah ada 14 kasus DBD yang dirawat di RS Tamansari Jakarta.

“Tadi pagi tanggal 15 April 2024 pukul 08.00, kasus demam berdarah yang masih dirawat di RSUD Tamansari sebanyak 14 orang. Dewasa 8 orang dan anak-anak 6 orang,” kata Dr Ngbila Salama, Kepala Pelayanan Medis Regional Tamansari. RSUD. .

Selama tahun 2024, pasien demam berdarah akan sembuh dan tidak ada kematian di RSUD Tamansari.

“Semua masih aman karena tidak ada perubahan tingkat keparahan kasus DBD,” kata Ngabila melalui pesan singkat yang diterima, Senin, 15 April 2024.

Di RSUD Tamansari, sebagian besar penderita DBD adalah anak-anak usia sekolah dasar dan menengah. Rata-rata kasus DBD mencapai 20-30 persen dari total ketersediaan tempat tidur rumah sakit. Kasus DBD cenderung meningkat hingga bulan April

Pola peningkatan kasus DBD dari tahun ke tahun mulai meningkat pada bulan Desember, kemudian mencapai puncaknya pada bulan April dan kemudian menurun kembali.

Kasus DBD meningkat pada musim hujan karena kelembaban relatif (RH) meningkat pada musim hujan. Nyamuk mudah berkembang biak dalam kondisi seperti ini.

Selain itu, wadah berisi air dapat menjadi tempat berkembang biaknya larva. Tetesan air hujan juga menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, kata Ngabila.

Ngabila mengatakan, deteksi dini sangat penting untuk mencegah komplikasi dan kematian akibat demam berdarah. Kemudian segera dilanjutkan dengan pemberian cairan/rehidrasi agar anak tidak syok atau meninggal.

Apabila anda mengalami demam selama 1 x 24 jam atau gejala yang anda alami di rumah tidak kunjung membaik, segera bawa ke puskesmas terdekat, tes darah dan tes cepat DBD (NS1) gratis di seluruh sub pos pemeriksaan di Jakarta. di Puskesmas setempat,” ujarnya.

Untuk dapat mendeteksinya sejak dini, penting bagi masyarakat untuk mengetahui gejala demam berdarah. Di bawah ini adalah gejala-gejala yang menandakan atau mencurigai adanya demam berdarah:

Gejala demam berdarah pada orang dewasa: Demam tinggi diatas 39 derajat Celcius. Perubahan demam di belakang mata Nyeri sendi dan otot Mual dan muntah.

Gejala DBD pada anak:

Gejalanya bisa tidak spesifik, seperti gejala infeksi saluran cerna dan pernafasan: batuk, pilek, diare, kesulitan buang air besar. Beberapa mungkin juga mengalami infeksi campuran tifus.

Jika Anda melihat gejala-gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter atau pusat kesehatan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *