Scroll untuk baca artikel
Sains

15 Penemuan Paling Aneh dan Unik di Dunia

10
×

15 Penemuan Paling Aneh dan Unik di Dunia

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Inovasi terbaik memberikan solusi praktis terhadap permasalahan sehari-hari. Namun, terkadang penemuan paling tidak biasa dan unik terjadi di dunia.

Suatu penemuan dapat dianggap aneh karena mencoba memecahkan suatu masalah yang tidak ada, atau mencoba menyelesaikannya dengan cara yang sangat aneh dan unik.

Melansir Science Focus, Kamis (23/5/2024), berikut 15 penemuan teraneh dan unik di dunia: 1. Nekomimi

Pada tahun 2011, para insinyur mengembangkan perangkat baru yang menggabungkan pengetahuan teknis Jepang dengan atraksi mirip binatang. Muncullah Nekomini, sebuah alat telinga kucing yang dikendalikan oleh gelombang otak penggunanya. Saat pengguna berkonsentrasi, perangkat tampak seperti telinga kucing yang terangkat. Telinga yang ditekuk menunjukkan bahwa penggunanya dalam keadaan santai.

Meskipun teknik ini aneh, teknik ini sangat populer di kalangan cosplayer. Bagi yang berminat bisa membelinya di berbagai lokasi di Jepang dengan harga Rp 1,8 juta.

2. Sepeda Motor Unicycle

Dynasphere dirancang sebagai roda bermesin bergerak yang dapat berlari dengan kecepatan maksimum 48 km/jam. Bensin atau listrik merupakan bahan bakar mesin.

Masalah keamanan terlihat jelas karena desain setinggi tiga meter membuat pengoperasiannya menjadi sangat tidak praktis. Kendaraan bermotor ini juga sulit dikendarai dan rentan mengalami fenomena gerbiling, yaitu pengereman mendadak yang dapat membuat pengemudi terlempar ke udara seperti gerbil di atas roda.

3. Tomat

Pembuat jus Jepang Kagome menciptakan alat khusus untuk memakan tomat selama lomba maraton. Sayangnya, prototipe ini dibuat untuk tujuan promosi saja dan saat ini tidak tersedia untuk dibeli.

4. Ban bercahaya

Pada tahun 1960-an, produsen ban Goodyear punya ide menarik. Mereka menawarkan warna ban yang berbeda agar terlihat bagus dalam gelap. Namun kinerjanya jauh lebih buruk dalam kondisi basah. Selain itu, ban cenderung meleleh saat pengereman keras sehingga tidak cocok untuk alasan keselamatan. Oleh karena itu, komentar tersebut dihapus.

5. Demam Topi

Kawakami Kenji dikenal sebagai legenda dalam dunia penemuan aneh. Dari mengumpulkan kata Chindogu yang berarti alat aneh dan menemukan ratusan benda aneh dan tidak masuk akal. Ini termasuk payung sepatu kecil, corong tetes mata, dan sarung tangan Swiss Army.

Lalu ada topi demam yang selalu menggulung kertas untuk mengatasi bersin akibat penyakit musiman. Sebuah solusi baru untuk masalah kuno, namun tetap merupakan solusi.

6. Kaca tempat tidur

Kacamata baca Hamlin didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan penggunanya membaca sambil berbaring. Sistem cermin mirip periskop memungkinkan pemakainya membaca pada sudut 45 derajat. Bisa juga digunakan untuk melacak kaki pengguna saat berjalan.

7. Mesin Mengeong Kucing

Ingin tahu semua manfaat memelihara kucing, tanpa harus memelihara kucing? Pada tahun 1960-an, Jepang memiliki penemuan yang tidak berguna. Perangkat ini dirancang untuk menakut-nakuti tikus, tetapi tidak dapat menipu hewan pengerat mana pun.

8. Bantal Tidur Siang

Bantal tidur Burung Unta asli sungguh menakjubkan. Pengguna dapat tidur siang dengan nyaman di meja, menghalangi cahaya dan kebisingan, mengurangi tekanan pada kepala saat bernapas melalui hidung dan mulut.

9. Mobil di bawah laut

Dalam film The Spy Who Loved Me tahun 1977, James Bond sempat berenang di Lotus Esprit. Meskipun Esprit bukan kapal selam fungsional seperti yang diiklankan, hal ini tidak menghentikan pabrikan Jerman Rinspeed untuk merancang kapal selamnya sendiri.

Kendaraan yang diberi nama Scuba ini ibarat mobil sport listrik tanpa emisi yang menggunakan energinya dari baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang. Jika terisi air, perangkat ini mampu menyelam hingga kedalaman 10 meter dan mencapai kecepatan 3 kilometer per jam. Meski mendapat kabar baik, mobil tersebut tidak berkembang melampaui tahap prototipe.

10. Pelindung Kumis

Pada tahun 1876, Virgil Gates dari Amerika Serikat mengajukan paten untuk pelindung yang dirancang untuk menjaga kumis tetap bersih dan kering saat makan dan minum. Alat pelindung diri terbuat dari karet atau logam dan diikatkan pada dua tali elastis yang menutupi telinga. Tentu saja keamanan ini tidak terlalu populer.

11. Sepeda Flizz

Fliz mungkin terlihat seperti sepeda, namun memiliki banyak kemiripan dengan skuter. Fliess kembali ke masa sebelum sepeda, ketika mesin ditemukan oleh Baron Carl Drese lebih dari 200 tahun yang lalu. Seperti Frieze, sepeda awal ini tidak memiliki rantai dan pengendaralah yang melakukan semua gerakannya.

Perbedaan utamanya adalah ia digantung di rangka dan sepeda, bukan dipasang di jok. Berkat rangka serat karbonnya, sepeda ini ringan dan modern, namun mungkin tidak terlalu berguna bagi semua orang.

12. Batu Hewan Peliharaan

Jauh sebelum Tamagotchi dan simulasi permainan komputer, jika Anda ingin memiliki hewan peliharaan tanpa repot, Pet Rock ada di sana untuk sesaat dalam sejarah, itu adalah mainan terlaris di Amerika Serikat, tetapi selain itu dalam waktu enam bulan setelah peluncuran penjualan menurun dan Pet Rock segera dihentikan pada bulan Februari 1976.

Bentuknya seperti batu yang dicat menyerupai mata. Mainan batu ini ditempatkan di dalam kotak berlubang kertas berbentuk sarang burung. Sang pencipta, Gary Dahl, menciptakan perasaan memiliki hewan peliharaan dengan harga sekitar Rp 40 ribu.

13. Tempat tidur berbentuk V

Spesialis budaya fisik Jerman Joseph Pilates dikenal sebagai pencipta latihan dan metode pelatihan populer. Ia juga dikenal sebagai insinyur dan perancang tempat tidur.

Setelah berimigrasi ke Amerika Serikat, ia merancang tempat tidur berbentuk V dan mengajukan paten pada tahun 1930. Pilates percaya bahwa tempat tidur tradisional tidak cukup nyaman dan akan membantu desain barunya menjaga punggung tetap lurus dan memberi lebih banyak dukungan pada kaki. lengan dan kaki. , Namun, masyarakat sepertinya tidak setuju dengan hal ini.

14. Lokasi Butir Kepala Bangau

Seniman dan insinyur Dominic Wilcox telah menciptakan desain yang aneh, termasuk jembatan hidung untuk menggunakan ponsel pintar saat mandi. Salah satu peralatannya adalah penahan butiran hidrolik dengan kepala. Pengguna mendorong dan menarik piston, lalu ia dapat menggerakkan lengannya dan menuangkan biji-bijian dari kotak ke dalam mangkuk. Jika sudah siap, tuangkan susu ke dalam mangkuk. Entah kenapa, perangkat ini belum dijual.

15. Kandang bayi

Penitipan anak adalah ide buruk bagi orang-orang yang tinggal di apartemen dengan sedikit akses terhadap ruang hijau. Pada awalnya ini dianggap sebagai cara yang baik bagi anak-anak untuk mendapatkan udara segar. Penemunya diadili di beberapa tempat di dunia, termasuk New York dan London, tapi untungnya tidak ada orang tua yang tertarik untuk menggantung anak mereka di jendela.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *