Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Apple Bersiap Rilis iOS 17.5 ke Pengguna, Cek Deretan Fitur Baru yang Bakal Hadir

9
×

Apple Bersiap Rilis iOS 17.5 ke Pengguna, Cek Deretan Fitur Baru yang Bakal Hadir

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Apple dikabarkan sedang bersiap merilis iOS 17.5 kepada pengguna. Saat ini, perusahaan telah merilis versi beta pertama iOS 17.5 untuk beberapa penguji.

Sebelum hadir, iOS 17.5 diperkirakan akan menghadirkan sejumlah fitur baru. Salah satunya, dikutip Forbes, Minggu (4 Juli 2024), iOS 17.5 akan memiliki Perlindungan Anti-Pelacakan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat terhindar dari pelacakan oleh alat pelacak. Oleh karena itu, Find My App nantinya akan memindai dan mengidentifikasi perangkat pelacak terdekat yang tidak disertifikasi oleh Apple.

Pengguna iPhone kemudian akan menerima pemberitahuan untuk berhenti membagikan lokasi perangkat dan mematikannya. Cara ini disebut dengan langkah pencegahan pelacakan dengan alat pelacak.

Selain itu, iOS 17.5 juga akan menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk mengunduh aplikasi di luar App Store.

Jika sebelumnya di iOS 17.4 pengguna bisa mengunduh aplikasi dari toko aplikasi lain, di iOS 17.5 pengguna bisa mengunduh aplikasi langsung dari situs pengembang.

Fitur ini disebut Web Delivery yang dapat dipilih oleh pengembang sebagai salah satu layanan yang mereka tawarkan. Meski demikian, bukan berarti pengguna bisa leluasa memilih situs pengembangan aplikasi.

Dijelaskan, pengembang yang menawarkan layanan ini harus mematuhi pedoman Apple dan juga harus mendapat persetujuan. Oleh karena itu, jaminan keamanan yang diberikan kemungkinan besar tidak akan berbeda dengan App Store.

Langkah ini jelas membawa perubahan besar bagi pengguna perangkat Apple. Pasalnya, perusahaan melarang opsi mengunduh aplikasi di luar toko aplikasi resmi yang disediakan oleh mereka.

Selain kedua fitur tersebut, masih ada beberapa fitur lain yang akan diperkenalkan Apple di iOS terbarunya ini, seperti opsi Passcode untuk web browser yang dapat diakses melalui menu Settings di bawah Permissions Privacy & Security.

Mengingat Apple sudah mulai meluncurkan iOS 17.5 versi beta, kemungkinan Apple akan merilis versi lengkapnya pada Mei 2024. Namun, mungkin ada perubahan dari pihak perusahaan.

Di sisi lain, Apple akan segera merilis iOS 18 sebagai pembaruan perangkat lunak pada tahun 2024. iOS 18 dikabarkan akan menghadirkan berbagai fitur berbasis AI ke iPhone.

Apple dikabarkan berencana meluncurkan iOS 18 pada konferensi pengembang WWDC 2024.

IOS 18 juga disebut-sebut sebagai pembaruan perangkat lunak terbesar dalam sejarah iPhone.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, iOS 18 akan menghadirkan pembaruan inovatif pada iPhone, dengan fitur dan desain baru serta Siri yang lebih cerdas.

Jadi iPhone mana yang akan menerima pembaruan iOS 18? Saat ini masih belum ada informasi lengkap dari Apple mengenai iPhone mana saja yang akan mendapat update iOS 18 saat sistem operasi terbarunya ini dirilis.

Namun laporan MacRumors yang dikutip Selasa (4/2/2024) menyebutkan beberapa iPhone akan mendapat update iOS terbaru.

Berdasarkan sumber unggahan

Jika rumor tersebut benar, iOS 18 disebut-sebut akan kompatibel dengan model iPhone serupa yang bisa diupdate ke iOS 17. Berikut daftarnya menurut kabar. iPhone 15 iPhone 15 Plus iPhone 15 Pro iPhone 15 Pro Maks iPhone 14 iPhone 14 Plus. iPhone 14 Pro iPhone 14 Pro Max iPhone 13 iPhone 13 Mini iPhone 13 Pro iPhone 13 Pro Max iPhone 12 iPhone 12 Mini iPhone 12 Pro iPhone 12 Pro Max iPhone 11 iPhone 11 Pro iPhone 11 Pro Max iPhone XS iPhone XS Max iPhone XR iPhone SE ( Generasi 2) iPhone SE (Generasi 3).

Tentu saja informasi di atas masih sebatas rumor belaka. Mungkin daftar iPhone yang menerima update iOS 18 berbeda dengan daftar di atas, kita masih harus menunggu pengumuman resmi dari Apple.

Apple berencana mengumumkan iOS 18 di WWDC 2024 Juni mendatang. Pembaruan iOS sendiri biasanya dirilis pada bulan September bersamaan dengan rilis terbaru iPhone.

Pada pembaruan iOS 18, kecerdasan Siri akan dikembangkan lebih lanjut dengan AI. Menurut Gurman, kecerdasan buatan yang digunakan akan memungkinkan Siri dan aplikasi Pesan merespons pertanyaan dan menyelesaikan kalimat secara otomatis.

Sebelum laporan Gurman, ada laporan pada bulan September bahwa Apple berencana menggunakan Model Bahasa Besar, komponen kunci dari General AI, untuk membuat Siri lebih pintar.

Contoh mendetail dalam artikel menjelaskan bagaimana Siri merespons perintah suara untuk melakukan tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah serangkaian foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya melalui Pesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *