Scroll untuk baca artikel
Sains

Banyak Pilihan, Ini 5 Jenis Sapi Idul Adha Terbaik

9
×

Banyak Pilihan, Ini 5 Jenis Sapi Idul Adha Terbaik

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Idul Adha 1445 Hijriah yang diperingati pada 17 Juni mendatang akan ditandai dengan hadirnya sejumlah penjual hewan kurban. Berbagai jenis sapi untuk Idul Adha selalu menjadi pilihan umat Islam Indonesia.

Menurut berbagai sumber, lima jenis hewan ternak terbaik yang biasa disumbangkan untuk Idul Fitri biasanya disumbangkan pada Senin (13/05-2024).

Di bawah ini adalah bibit-bibit sapi lebaran terbaik yang banyak tersedia di pasaran: 1. Sapi limousine

Ras ini merupakan pilihan utama sapi premium Idul Adha dan sebenarnya merupakan keturunan sapi auroch Eropa. Varietas ini mulai populer sejak Presiden Indonesia Joko Widodo memerintahkannya untuk dijadikan hewan kurban setiap menjelang Idul Adha.

Masuk dalam kelas premium karena sapi limousin merupakan jenis sapi potong yang dagingnya empuk dan kandungan lemaknya rendah. Secara lahiriah, sapi ini sangat mengesankan, karena memiliki tanduk berwarna kuning tua dan bulu berwarna keemasan kemerahan.

2. Sapi simental

Jenis sapi Idul Adha terbaik selanjutnya adalah sapi Simmental. Mereka dikenal sebagai sapi serba guna karena dapat berupa daging sapi atau sapi perah. Daging menjadi pilihan terbaik karena tidak banyak mengandung lemak.

Penampilannya cukup solid, karena ia adalah seekor sapi pekerja dengan kulit berwarna krem, merah bata, atau putih keemasan. Sapi Simental hampir sebanding dengan sapi Limousin dan memiliki berat badan lahir yang rendah. Namun pertambahan bobot sapi simental per hari bisa berkisar antara 0,9 hingga 1,2 kilogram.

3. Sapi Bali

Termasuk dalam jenis ternak sapi jantan domestik yang diternakkan secara eksklusif di Pulau Bali. Sapi jenis ini lebih unggul dibandingkan sapi lainnya dalam hal beranak dan komposisi tubuh. Apalagi hewan ternak jenis ini juga memiliki persentase pemotongan yang tinggi.

Penampilan khas sapi bali jantan adalah berwarna hitam. Sapi bali mempunyai kaki yang pendek, namun kuat dan menyerupai kerbau. Bobot sapi bali berkisar antara 300-400 kilogram dengan tinggi sekitar 130 sentimeter.

4. Sapi Bima

Menjadi pilihan utama hewan kurban di wilayah Jabodetabek karena memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis hewan ternak lainnya. Kualitas dagingnya sangat baik, bisa disimpan beberapa hari, rasanya tetap alot meski disimpan di freezer beberapa hari. Kualitas yang baik ini karena makanan tersebut dihasilkan dari rumput segar di padang rumput alami hutan Gunung Tambora.

5. Sapi brahmana

Sapi brahmana, juga dikenal sebagai American Brahman, awalnya dikembangkan di wilayah Gulf Coast Amerika Serikat antara tahun 1854 dan 1926. Di Indonesia, sapi brahmana juga dimanfaatkan dalam program persilangan sapi ongole melalui inseminasi buatan yang hasilnya disebut sapi putih. Tak heran jika penampakannya mirip dengan sapi Ongole.

Namun tubuh sapi Brahmana lebih bulat dan kakinya lebih pendek dibandingkan sapi Ongole. Bobot sapi brahmana jantan dewasa mencapai 800-1100 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 168 sentimeter. Sedangkan bobot sapi brahmana dewasa sekitar 500-700 kilogram. Inilah 5 jenis sapi lebaran terbaik yang bisa Anda pilih untuk kurban tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *