Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Berstatus Debutan di Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Ditargetkan Lolos Olimpiade 2024

19
×

Berstatus Debutan di Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Ditargetkan Lolos Olimpiade 2024

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 di Qatar memang tak main-main. Meski debut di Piala Asia, Garuda langsung mengincar lolos ke Olimpiade 2024.

Presiden PSSI Erick Thohir saat bertemu dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae mengatakan: “Ini kesempatan bersejarah pertama yang bisa kita raih bersama jika kita bekerja keras untuk bisa ke Olimpiade. Bukan tidak mungkin,” demikian tayangan video live Instagram. akun @erickthohir pada hari Senin di Jakarta.

Ia meminta para pemain Garuda kembali mengukir sejarah seperti saat menjuarai SEA Games 2023 dan mencetak sejarah sepak bola Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Eric juga melontarkan pertanyaan kepada timnas U-23 Indonesia: “Siapa yang membuat sejarah bersama kita di SEA Games kemarin? Apakah Anda ingin membuat sejarah lagi?”

Pertanyaan tersebut mendapat respons bulat dari para pemain timnas yang menyatakan ingin membuat sejarah.

Eric mengatakan PSSI, pelatih Shin Tae-yong dan ofisial masih belum puas hanya dengan meraih kemenangan di SEA Games. Ia yakin para pemain juga memiliki ketidakpuasan yang sama.

Ia mengaku punya impian lebih besar untuk meraih kesuksesan di sepak bola, yakni mengikuti Piala Asia U-23 2024 yang juga merupakan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Eric mengakui lawan yang cukup kuat menanti timnas di Grup A, antara lain Australia, Qatar, dan Yordania. Meski demikian, ia mengatakan mengalahkan tim-tim tersebut bukanlah hal yang mustahil.

“Saya sudah bilang sebelum saya berangkat ke SEA Games, kalau mata Anda melihat mereka di lapangan seperti kita, Thailand, dan Vietnam dan Anda melihatnya, saya yakin kami tidak akan kalah dari mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, timnas saat ini merupakan generasi sepak bola Indonesia yang berpeluang mengikuti Olimpiade.

“Memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin (lolos ke Olimpiade),” pungkas Eric.

Indonesia harus finis minimal ketiga jika ingin melaju ke Paris. Artinya, tim asuhan Shin Tae-yong harus mencapai babak semifinal dan memenangkan perebutan tempat ketiga.

Pada saat yang sama, jika mereka kalah dalam perebutan tempat ketiga, mereka juga harus bermain imbang dengan wakil Afrika. Lawannya adalah Guinea, yang akan finis keempat di Piala Afrika 2023 untuk pemain di bawah usia 23 tahun.

PSSI baru saja memanggil 28 timnas U-23 Indonesia untuk mengikuti Piala Asia U-23. Rencananya Garuda akan menggelar Training Camp (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab pada 1-11 April 2024. Pada 2 Juni mendatang, simak kekuatan lawan uji coba timnas Indonesia, Tanzania. Timnas Indonesia akan menjajal laga kualifikasi melawan timnas Tanzania pada 2 Juni di Stadion Gelora Pankanomadia Jakarta. detiktegal.co.id 17 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *