Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Cara Kerja Airbag yang Mampu Cegah Kematian saat Tabrakan Mobil

13
×

Cara Kerja Airbag yang Mampu Cegah Kematian saat Tabrakan Mobil

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Airbag kini sudah menjadi bagian penting dalam keselamatan kendaraan roda empat. Menurut masyarakat atau konsumen saat ini sudah sangat menyadari pentingnya fungsi airbag untuk mengurangi resiko kematian jika terjadi kecelakaan.

Saat ini, airbag tidak hanya bergerak di antara kemudi atau di depan dashboard, tetapi juga di tempat lain sebagai perlindungan tambahan bagi bagian tubuh pengemudi atau penumpang lainnya yang dapat mengalami cedera serius akibat kecelakaan. .

Dalam kebanyakan kasus, bagian utama ini memiliki tanda SRS airbag, yang berarti sistem penahan tambahan. Artinya, jika terjadi kecelakaan, mereka tidak hanya membantu penumpang.

Menurut pressroomtoyotastra, proses penggelembungan airbag sangat cepat. Ketika dudukan tersebut membakar senyawa natrium azida (NaN3), ia bereaksi dengan kalium nitrat (KNO3) untuk membentuk nitrogen panas, yang memperluas kantong udara. Namun hal ini hanya terjadi ketika ECU airbag mengirimkan perintah.

ECU airbag baru memantau proses di atas ketika sensor airbag yang ditempatkan di beberapa titik menerima sejumlah energi.

Banyak faktor yang menentukan apakah sensor akan membaca gaya yang cukup dan menyebabkan airbag mengembang, misalnya ke arah depan dengan kecepatan serendah 20-30 km/jam, jarak pembacaan sensor sekitar 15 derajat dari garis lurus ke depan.

Perlu diketahui bahwa setelah airbag dipasang, maka airbag tersebut tidak dapat digunakan lagi, melainkan harus diganti dengan yang baru. Memperbaiki mobil yang mengalami kecelakaan itu bagus, termasuk memasang airbag baru.

Mobil dengan airbag samping memiliki sensor di pilar B yang mati jika terjadi benturan samping. Untuk airbag samping, airbag dapat dibuka dari pintu atau pilar kendaraan.

Tingkat inflasi airbag samping lebih cepat dibandingkan airbag lainnya. Pasalnya, jarak antara penumpang dan sisi kendaraan lebih sedikit sehingga kecepatan pemompaan harus lebih cepat.

Dalam kebanyakan kasus, airbag samping digabungkan dengan airbag. Airbag jenis ini berguna untuk melindungi kepala penumpang dari benturan samping saat terjadi tabrakan. Posisi airbag berada di atas jendela samping agar kepala penumpang atau pengemudi tidak mengalami cedera serius saat mobil terguling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *