Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Cerita Suami Istri Pilih Daftar Haji daripada Beli Mobil dan Rumah, Rezeki Mengalir 5 Bulan Setelahnya

11
×

Cerita Suami Istri Pilih Daftar Haji daripada Beli Mobil dan Rumah, Rezeki Mengalir 5 Bulan Setelahnya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Haji merupakan rukun Islam yang ke-5. Ibadah ini sangat dianjurkan bagi umat Islam yang mampu. Namun prosesnya tidak mudah karena tidak hanya harus memiliki stok yang cukup, tapi juga harus menunggu puluhan hingga puluhan tahun.

Akibatnya, baik pria maupun wanita yang hendak menunaikan ibadah haji lebih memprioritaskan anggarannya untuk mendaftar haji, dibandingkan membeli rumah atau mobil. Tak disangka, niat tersebut membuahkan hal baik lainnya.

“Jadi kami menikah pada Agustus 2020. Tiga bulan setelah pernikahan, kami menabung 50 juta (Rp). Daripada membeli rumah dan mobil, saat itu kami berdua memutuskan untuk berangkat haji reguler pada November 2020 untuk mendaftar, kata wanita itu melalui akun TikTok @chenyamelia_ yang diunggah pada 28 April 2024.

Uang sebesar Rp50 juta itu digunakan untuk membayar biaya pendaftaran haji normal yang saat itu sebesar Rp25 juta per orang. “Kami memutuskan untuk mendaftar haji terlebih dahulu. Karena kami masih berdua, saat itu masih cukup untuk menginap di wisma. Kalaupun kami ingin membeli mobil, tidak ada tempat parkir dan sebenarnya tidak ada tempat parkir. kita berdua tidak butuh mobil, katanya lagi.

Mereka menilai biaya pendaftaran haji lebih murah dibandingkan harga rumah atau mobil. Ini memungkinkan Anda mendaftar untuk haji reguler terlebih dahulu. 

“Kami masih ingat betul, setelah kami mendaftar haji, kami hanya punya uang 500 ribu (rupiah). Tapi karena kami masih tinggal bersama dan hanya berjalan kaki, jadi jumlah itu cukup,” lanjutnya.

Siapa sangka, setelah mendaftar haji, hartanya mengalir tanpa henti. Setelah lima bulan mendaftar haji, mereka bisa menabung untuk membeli rumah yang tidak pernah mereka duga.

Tak hanya itu, mereka juga diberikan harta anak pertama karena istrinya akhirnya hamil. “MasyaAllah makanannya di luar dugaan, dari awal kami rela mengeluarkan seluruh tabungan untuk mendaftar haji, hingga akhirnya Allah kembalikan dua kali lipat,” tutupnya. 

Konten yang disukai lebih dari 20,2 ribu pengguna TikTok tersebut pun mendapat beragam reaksi dari netizen. Banyak juga yang berbagi cerita tentang pentingnya mendahulukan apa yang diperintahkan Allah.

“Ayahku juga berpesan kalau aku punya uang sebelum membeli rumah dan mobil, aku harus daftar haji dulu. Setelah daftar haji, MasyaAllah, niatku beli mobil bekas hanya 300 juta untuk dijual, tapi ternyata ternyata aku bisa,” ujar yang lain. 

“Setelah menikah aku juga mendaftar haji dulu, alhamdulillah aku menunaikan haji. Sekarang aku punya semuanya,” imbuh yang lain.

Netizen lainnya pun menceritakan bagaimana keadaan keuangan mereka setelah haji. Ada yang meyakini segalanya akan menjadi lebih mudah, bahkan terungkap hadis Rasulullah bahwa orang yang mengeluarkan uangnya untuk umrah dan haji tidak akan miskin. 

“Ceritanya mirip punyaku. Tapi aku belum punya rumah bagus mbak, alhamdulillah aku sudah punya tanah. Doakan aku punya rumah sesuai idamanku,” seorang netizen pun membagikan kisahnya.

“Saya daftar haji 2019. Lalu saya beli mobil karena butuh untuk berangkat ke orang tua, sampai sekarang saya belum punya rumah,” bagikan yang lain.

“Yang tidak mendaftar haji reguler memang akan mendapat rezeki seperti haji Furoda, insya Allah,” harap salah satu warganet.

“Yang beriman dengan hadis Rasulullah SAW, haji dan umrah tidak menjadikanmu miskin,” warganet lain mengingatkan.

“Tahun 2023 saya juga mendaftar haji reguler, namun tabungan saya saat itu berjumlah 40 juta, tidak cukup untuk kedua laki-laki, namun saya didorong oleh berbagai pihak dan diberitahu bahwa laki-laki boleh ikut, meskipun perempuan. daftar dulu karena dia mahram,” kata netizen lainnya.

Merujuk Tim Global Detik Tegal, menjelang musim haji yang digelar pada Juni 2024, Kerajaan Arab Saudi telah menyiapkan kartu keberangkatan haji yang bisa digunakan jamaah untuk mendapatkan informasi seputar haji. Hal tersebut disampaikan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi H.E. Dr. Tawfiq bin Fawzan Al Rabiah. 

“Kami sudah berdiskusi dan dengan senang hati kami selalu memberikan pelayanan kepada gereja Indonesia,” kata Tawfiq usai pertemuan bilateral dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, di Hotel Four Seasons, Selasa, Jakarta. . , 30 April 2024. 

“Kami sampaikan juga bahwa jemaah haji pertama yang mendapat kartu pemberangkatan haji adalah jemaah asal Indonesia,” lanjut Tawfiq. 

Ia mengatakan, kartu tersebut dibuat khusus untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada jemaah haji. Peta tersebut memberikan informasi terkait ibadah haji yang bertujuan untuk membantu jamaah mengetahui tempat-tempat saat salat. Ia berharap jamaah haji bisa menunaikan ibadah haji dengan lebih nyaman. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *