Scroll untuk baca artikel
Sains

Dinosaurus Berdarah Panas Pertama Muncul Sekitar 180 Juta Tahun Lalu

14
×

Dinosaurus Berdarah Panas Pertama Muncul Sekitar 180 Juta Tahun Lalu

Sebarkan artikel ini

TEXAS. Kemampuan untuk mengatur suhu internal tubuh, dibandingkan mengandalkan panas matahari, mungkin muncul pada dinosaurus sekitar 180 juta tahun yang lalu. Kemunculannya bertepatan dengan periode iklim ekstrem.

Pada awalnya dinosaurus dianggap sebagai hewan berdarah dingin. Nama mereka, yang berarti “kadal yang mengerikan”, mencerminkan asumsi ini, karena kadal modern perlu berjemur untuk menghangatkan darahnya.

Hipotesis ini dipertanyakan ketika ditemukan spesies dinosaurus yang hidup di dekat kutub. Tampaknya spesies ini tidak mungkin bertahan dalam kondisi musim dingin yang keras yang tidak dapat ditanggung oleh reptil modern.

Selama bertahun-tahun, perdebatan tentang dinosaurus berdarah panas dan berdarah dingin telah menjadi salah satu topik terpanas dalam paleontologi.

Saat ini, terdapat konsensus luas bahwa sebagian, namun tidak semua, dinosaurus berdarah panas, atau endotermik, secara ilmiah.

Namun, kita sekarang tahu bahwa burung adalah bagian dari kelompok dinosaurus, bukan kadal. Karena nenek moyang dinosaurus hampir pasti berdarah dingin, timbul pertanyaan kapan dinosaurus berdarah panas pertama kali muncul.

Melihat kapan mereka pertama kali menjajah daerah dingin mungkin bisa memberikan jawabannya.

Menurut dokter, tulang pertama theropoda dan ornithischia – dua dari tiga cabang utama dinosaurus – muncul di daerah dingin pada awal periode Jurassic. Alfio Alessandro Chiarenza dari University College London.

Tidak ada bukti serupa yang ditemukan pada sauropoda, jadi kemungkinan besar termoregulasi tidak berkembang pada cabang ini atau rekonstruksi suhu kita salah.

“Analisis kami menunjukkan bahwa preferensi iklim berbeda antara tiga kelompok utama dinosaurus,” kata Dr Chiarenza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *