Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Dokter: Penyakit Kronis seperti Mag dan Kolesterol Rentan Kambuh di Minggu Pertama Lebaran

10
×

Dokter: Penyakit Kronis seperti Mag dan Kolesterol Rentan Kambuh di Minggu Pertama Lebaran

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Pola makan yang tidak terkontrol dan tidak teratur saat lebaran di Jakarta menjadi pemicu timbulnya penyakit kronis. Demikian disampaikan Ari Fahrial Syam, Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ari mengingatkan masyarakat yang mengidap penyakit kronis agar mewaspadai tekanan darah tidak terkontrol, kolesterol, asam urat, diabetes, dan maag akibat kelebihan gula pada minggu pertama Idul Fitri.

Yang harus kita tunggu, penyakit kronis ini tidak datang kembali, bisa saja muncul kembali dalam satu atau dua hari menjelang Idul Fitri, kata Antara.

Kondisi kronis ini harus ditangani dengan menjaga pola makan teratur dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan. Menurutnya, sebagian besar pasien sakit maag membaik karena berpuasa. Cara mencegah kambuhnya penyakit kronis

Untuk menghindari kambuhnya penyakit tersebut, Ari menyarankan untuk bijak dalam memilih makanan yang disajikan pada Hari Raya Pondok Daun. Jika iya, hindari makanan yang terlalu banyak garam dan terlalu banyak garam.

Ari pun mengingatkan masyarakat untuk terus mengonsumsi sayur dan buah.

Lanjutnya: “Sebaiknya terus makan sayur dan buah karena dapat mengurangi penyerapan kolesterol di usus, dan serat pada sayur dan buah tersebut dapat memperlancar buang air besar.”

Penyakit lain yang bisa terjadi saat lebaran antara lain penyakit menular. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh kelelahan dan berkurangnya daya tahan fisik saat liburan saat Anda perlu beraktivitas, bersosialisasi, atau istirahat.

Infeksi umum termasuk infeksi saluran pernapasan atas dan demam laut.

Kurangnya kesabaran dapat mengakibatkan bencana yang tidak diinginkan dalam perjalanan pulang.

Untuk mencegah penurunan daya tahan tubuh, Ari mengingatkan untuk tetap aktif secara fisik, seperti rutin berolahraga dan minum air putih yang cukup untuk memastikan kecukupan cairan.

“Harusnya dia lebih leluasa berolahraga karena tidak berpuasa saat Idul Fitri,” ujarnya. “Saya berolahraga saat liburan, bahkan saat saya sedang berlibur,” kata Ari.

Jika Anda merasa kehilangan kendali atas pola makan selama satu atau dua minggu, Ari menyarankan untuk melakukan health check-up atau pemeriksaan kesehatan.

Tujuannya untuk menjaga kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah agar tetap sehat usai hari raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *