Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Hari Santri 2023: Sarung Nusantara, Warna-warni Keberagaman Indonesia

12
×

Hari Santri 2023: Sarung Nusantara, Warna-warni Keberagaman Indonesia

Sebarkan artikel ini

Jawa Timur – Keanekaragaman hayati Indonesia nusantara akan dipamerkan melalui pameran sarung penjaga. Pada acara kali ini kami akan menampilkan pakaian sarung panjang yang identik dengan pakaian santri dengan berbagai macam model. Aksi Aksi Sarung Nusantara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Santri Tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Agama bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan PBNU.

“Hari Santri merupakan momen penting yang menyoroti peran para penjaga dalam melestarikan dan mewariskan nilai-nilai agama, budaya, dan ilmu pengetahuan,” ujarnya pada perayaan Hari Santri Tahun 2023 yang digelar di Surabaya, Jumat, 20 Oktober untuk menjadi penjaga tradisi sekaligus pencipta. Indonesia modern Bisa,” kata Waryono Abdul Ghafoor, Direktur Eksekutif Pendidikan Usia Dini dan Pesantren, 2023.

Anna Hasbi, Juru Bicara Kementerian Agama sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Jatim turut hadir.

Pameran Sarung Santri Nusantara akan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2023 dan dijadwalkan akan dimulai sekitar pukul 19:00 WIB. Pertunjukan tersebut akan dimeriahkan oleh penampilan Raka Raki dan Kek Ning yang mengenakan sarung dengan berbagai corak dan gaya dari seluruh Indonesia, sebuah interpretasi modern dari pakaian tradisional.

Juru Bicara Departemen Agama Anna Hasbi menyambut baik acara tersebut. Menurutnya, aksi protes Sarung Santri Nusantara merupakan unjuk rasa keberagaman bangsa yang dibalut semangat persatuan dan kegembiraan.

“Ini merupakan kegiatan yang dapat menyatukan masyarakat dari berbagai latar belakang dalam merayakan warisan bersama,” ujarnya.

Selain pameran Sarung Santri, acara juga akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan budaya seperti pertunjukan seni dan musik. Sejumlah artis dijadwalkan hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut, antara lain Tretan Muslim, Sosiawan Leek, dan Sastro Adi. Acara akan dimeriahkan dengan penampilan musik dari Armaan Maulana.

“Pameran Sarung Santri Nusantara akan memberikan kesempatan sekali seumur hidup bagi masyarakat untuk menyaksikan beragam tradisi yang berkembang di berbagai daerah,” jelas Anna Hasbi.

“Ikut serta dalam Pameran Sarung Santri Nusantara dan saksikan keragaman budaya dan tradisi Indonesia, sehingga siapa pun bisa mengikuti festival ini.” Siswa Meninggal Karena Luka Terungkap Polisi Resor Lemongan Jawa Timur terus menyelidiki dugaan insiden perundungan yang menyebabkan seorang siswa tewas di SD Karanjing detiktegal.co.id 4 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *