Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Hasil Penelitian Sebagian Anak Muda Mengendarai Mobil Pakai Narkoba

9
×

Hasil Penelitian Sebagian Anak Muda Mengendarai Mobil Pakai Narkoba

Sebarkan artikel ini

Inggris – Mengendarai mobil di jalan raya dalam kondisi sehat memang perlu, namun menurut penelitian, sebagian besar anak muda mengendarai mobil dalam keadaan mabuk, akibat mengonsumsi narkoba atau alkohol.

Penggunaan narkoba pasti akan menurunkan kesadaran sehingga potensi terjadinya kecelakaan saat berkendara pun tinggi. Tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga dapat merugikan pengguna jalan lainnya.

Akibat rendahnya kesadaran masyarakat, pengendara yang meminum alkohol atau kecanduan narkoba dikhawatirkan melanggar peraturan lalu lintas tanpa peduli terhadap lingkungan.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis lembaga penelitian IAM Roadsmart di Inggris, mayoritas anak muda menggunakan narkoba saat mengemudi, seperti dikutip dari bikeit.gr, Senin 6 Mei 2024.

Hasil penelitian tersebut menyedihkan, karena 22 persen anak muda berusia 17 hingga 34 tahun berada di bawah pengaruh narkotika, termasuk narkoba.

Narkoba golongan A adalah heroin, kokain, ekstasi, dan LSD. Hasil tersebut diperoleh dari 2.013 responden, dan untuk mereka yang berusia di atas 70 tahun ke atas sebanyak 13 persen dengan pertanyaan tersebut.

Hasil tersebut juga sesuai dengan data kecelakaan di Inggris, pada tahun 2021 terdapat 171 pengguna mobil yang mengalami kecelakaan akibat pengaruh narkoba, jumlah tersebut menurun dari tahun 2018 sebanyak 208 orang.

Perwakilan IAM Roadsmart William Porter mengatakan, betapapun mahalnya aparat keamanan, apa yang terjadi di antara beberapa kelompok harusnya mendorong polisi untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Kami juga mengimbau pemerintah menyediakan sarana untuk mencegah terjadinya kejadian tersebut, serta memberikan kursus rehabilitasi bagi pengemudi yang menggunakan narkoba,” ujarnya.

Menurutnya, cara memperbaiki perilaku ini mirip dengan memperbaiki perilaku pengemudi mabuk dan dinilai efektif karena menunjukkan perubahan dari tahun ke tahun.

“Penerimaan masyarakat terhadap mengemudi dalam keadaan mabuk telah berubah, dan kita perlu memperjelas bahwa kita tidak akan memaafkan mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan,” katanya. Gibran Rakabuming kedapatan menggunakan mobil mewah makan di pinggir jalan Raka, sedangkan Wakil Presiden periode 2024-2029 kedapatan makan di pinggir jalan padahal saat itu sedang makan. menggunakan mobil mewah bernilai miliaran rupiah detiktegal.co.id 27 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *