Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Incar Paramount Global, Sony Pictures dan Apollo Tawarkan Rp 417,4 Triliun Tunai

8
×

Incar Paramount Global, Sony Pictures dan Apollo Tawarkan Rp 417,4 Triliun Tunai

Sebarkan artikel ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sony Pictures dan Apollo Global Management (Apollo) mengajukan penawaran bersama senilai US$26 miliar atau sekitar 417,4 triliun rupiah untuk membeli Paramount Global secara tunai. Tawaran tersebut dinilai mengejutkan karena terjadi saat Paramount Global sedang mempertimbangkan proposal merger dan akuisisi dari Skydance Media.

Selain tawaran fantastis, Sony Pictures dan Apollo juga mengirimkan surat penawaran tidak mengikat kepada Paramount Global. Tawaran itu dikirimkan pada Rabu (1/5/2024), menurut laporan Wall Street Journal.

Tawaran yang diajukan Sony Pictures dan Apollo bernilai lebih dari nilai perusahaan Paramount Global saat ini, lapor Variety, Jumat (5/3/2024). Seperti diketahui, Paramount Global bernilai USD 22 miliar atau sekitar Rp 353,1 triliun.

Uniknya, tawaran dari Sony Pictures dan Apollo datang di saat Paramount Global sedang mempertimbangkan proposal merger dan akuisisi Skydance Media. Dalam usulannya, Skydance Media mengusulkan agar Paramount bergabung dengan Skydance dengan tetap mempertahankan status Paramount Global sebagai perusahaan publik.

Pemegang saham pengendali Paramount Global, Shari Redstone, dikatakan mendukung kesepakatan dengan Skydance milik David Ellison. Selain itu, penawaran Skydance ini didukung oleh RedBird Capital Partners dan KKR.

Belum diketahui bagaimana perwakilan Paramount Global akan memproses tawaran dari Sony Entertainment dan Apollo. Paramount Global juga memiliki jendela penjualan eksklusif dengan Skydance hingga Jumat (3/5/2024). Namun, jendela perdagangan ini dapat diperpanjang.

Perwakilan Paramount Global tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut saat ini. Langkah serupa juga dilakukan perwakilan Sony Entertainment dan Apollo.

Di sisi lain, tawaran dari Sony Entertainment dan Apollo nampaknya memberikan efek positif bagi Paramount Global. Saham Paramount Global melonjak 13% menjadi US$13,86 (Rs 222.499) per saham pada Kamis (2/5/2024) setelah muncul kabar tawaran tersebut.

Apollo sebelumnya mengajukan dua penawaran kepada Paramount Global. Tawaran pertama yang dikirimkan Apollo senilai US$11 miliar dan tawaran kedua senilai US$27 miliar. Panitia khusus Paramount Global memutuskan untuk menolak kedua proposal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *