Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Intel: Masa Depan AI PC Lebih Luas dari Sekadar Laptop!

8
×

Intel: Masa Depan AI PC Lebih Luas dari Sekadar Laptop!

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Para pecinta teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep AI PC (PC with Artificial Intelligence) yang umumnya merupakan laptop tipis dan ringan.

Namun, jangkauan PC AI kini semakin luas! Hal tersebut diungkapkan Intel pada acara Intel Tech Tour di Taipei, Taiwan.

Raksasa manufaktur chipset ternama ini berjanji akan menghadirkan teknologi canggih ini ke berbagai segmen pasar dan rentang harga sehingga semua orang dapat merasakan manfaatnya.

Ini termasuk peluncuran mesin desktop akhir tahun ini khusus untuk pengguna antusias, dengan nama kode Arrow Lake.

Prosesor canggih untuk kinerja superior

Teknologi proses 18A yang dijanjikan sebelumnya akan segera terwujud. Intel bermaksud memanfaatkan sepenuhnya teknologi ini baik secara internal maupun bekerja sama dengan pihak eksternal.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman PC yang luar biasa di berbagai kelas dan format perangkat dengan kecepatan dan skalabilitas yang tak tertandingi. Kemampuan tampil dalam skala besar ini merupakan suatu kebanggaan.

Lunar Lake: Era baru arsitektur x86

Produksi chip Lunar Lake dijadwalkan akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini. Kehadirannya diyakini akan mengubah tampilan dan nuansa arsitektur x86 dan tentunya memengaruhi pengalaman pengguna PC AI.

 

Chief Technology Officer (CTO), Rob Bruckner, memberikan penjelasan mendalam mengenai strategi product roadmap mereka.

Dia menyoroti kompleksitas dan keahlian yang diperlukan untuk mengantisipasi dan menerapkan tren AI dalam peta jalan.

“Anda tidak bisa menyampaikan pidato tanpa berbicara tentang AI, jadi izinkan saya memberikan beberapa pemikiran saya tentang AI. AI akan menyerang kita secara bertahap,” kata Rob.

Tiga gelombang kecerdasan buatan

Dalam pemaparannya pada Intel Tech Tour 2024 di Taipei, Rob menyampaikan bahwa pengembangan AI terjadi dalam tiga gelombang berbeda, yaitu: Machine Learning AI:

Gelombang pertama ini menjadikan PC lebih imersif, seperti terlihat pada integrasi NPU Meteor Lake. NPU membuat komputer lebih responsif dan memahami konteks pengguna. AI Generatif:

Gelombang kedua membawa serta peralatan yang lebih canggih seperti mesin penalaran, kopilot, dan asisten virtual. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas dan hiburan. AI berbasis agen:

“Akhirnya, kehadiran agen ahli telah mengubah cara penggunaan komputer secara mendasar,” kata Rob. Agen-agen ini berintegrasi secara mulus antara perangkat dan cloud, menciptakan lingkungan komputasi hibrid.

 

Menghadirkan pengalaman AI tercanggih memerlukan kemampuan komputasi bertenaga, namun tetap memperhatikan portabilitas, masa pakai baterai, dan performa senyap.

Intel berkomitmen untuk terus mendorong batas kinerja komputasi sekaligus memastikan kenyamanan pengguna terpenuhi.

Berbagai produk mereka dimungkinkan berkat investasi besar dan kerja sama yang erat antara berbagai pemain dalam ekosistem teknologi yang dinamis.

Inovasi Arsitektur: Dari Danau Meteor hingga Danau Bulan

Dimulai dengan Meteor Lake yang memperkenalkan inti hybrid untuk meningkatkan daya komputasi, inovasi berlanjut hingga Moon Lake.

Chip ini menjanjikan peningkatan signifikan pada kemampuan grafis dan AI.

Dunia teknologi kembali penuh dengan inovasi baru dari Intel! Pada Intel Technology Tour di Taipei, perusahaan chip raksasa itu resmi mengumumkan Lunar Lake.

Lunar Lake adalah prosesor AI PC generasi terbaru mereka dan menandai langkah Intel selanjutnya dalam memajukan pengalaman AI PC.

“Kita semua tahu bahwa kecerdasan buatan menciptakan perubahan global, memberi kita alat canggih yang akan berdampak besar pada cara kita bekerja, hidup, dan bermain,” kata Michelle Johnston Holthaus, wakil presiden dan manajer umum Intel’s Client Computing Group.

Untuk memahami hal ini, Intel berfokus untuk menghadirkan kecerdasan buatan ke segala hal mulai dari produk konsumen, dari edge hingga pusat data. Perusahaan mengklaim bahwa chipset AI PC-nya akan membantu konsumen dan bisnis memanfaatkan potensi penuh dari kecerdasan buatan.

“Prosesor kecil namun bertenaga ini menawarkan performa x86 yang luar biasa dengan teknologi ‘low-power island generasi kedua’ dan pengurangan daya SoC hingga 40 persen,” jelasnya.

Lunar Lake menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan berkat “Lioncode P-Core” dan “Skymont E-Core” terbaru, sehingga menghasilkan efisiensi daya yang luar biasa.

 

Mitchell menjelaskan, “Bagi pecinta grafis, Lunar Lake siap memanjakan Anda dengan kemampuan grafis yang 1,5 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.”

Penambahan ini merupakan kabar baik. Intel memperkirakan bahwa 40 persen pengembang akan memilih untuk menjalankan beban kerja mereka pada GPU pada tahun 2025.

Selain itu, Lunar Lake menawarkan performa AI yang tak tertandingi. “Platform ini mampu menghadirkan 120 platform papan atas, 48 ​​NPU papan atas, dan skalabilitas perangkat lunak yang tak tertandingi,” jelas Mitchell.

Selain fokus pada performa, Intel bekerja sama dengan lebih dari 20 mitra termasuk Acer, Asus, Dell, Compal, dan Wistron untuk memamerkan 80 laptop berdesain unik.

Intel tidak lupa menekankan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan. Proses manufaktur dan rantai pasokannya dirancang untuk meningkatkan masa pakai baterai dan kinerja CPU, NPU, dan GPU secara keseluruhan.

Kabar baiknya bagi pengembang adalah Intel menawarkan Kit Pengembang PC AI Lunar Lake. Seri ini menawarkan hingga 120 puncak kinerja pada CPU, GPU, dan NPU serta kompatibel dengan prosesor generasi berikutnya.

Dengan segala kelebihannya, Intel optimistis chipset baru ini akan menjadi pemimpin baru dalam performa AI PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *