Scroll untuk baca artikel
Hiburan

Juara Kompetisi AIA Healthiest School Siap Berlaga di Tingkat Internasional, Siapa Saja Mereka?

10
×

Juara Kompetisi AIA Healthiest School Siap Berlaga di Tingkat Internasional, Siapa Saja Mereka?

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta Program AIA Healthiest School (AHS) sedang mencapai puncaknya.  Sejumlah sekolah menerima penghargaan pada acara penghargaan nasional yang diadakan untuk mengumumkan pemenang kompetisi AIA Healthiest Schools in Indonesia.

Turut serta dalam acara tersebut bersama 50 orang perwakilan guru sekolah dan siswa SD dan SMP, juri, perwakilan pengurus AIA serta perwakilan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemandikbudristek) Indonesia, I Nyoman Rudi. . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Masyarakat Indonesia adalah direktur SMA Kurniawan dan pembina gerakan sekolah kesehatan.

Kathryn Parapak, Chief Marketing Officer AIA, mengatakan, “Kami sangat bangga melihat beragam upaya dari AIA Healthiest Schools yang berpartisipasi di sekolah-sekolah untuk mengakui komitmen mereka dalam membantu anak-anak menjalani hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah salah satu kunci untuk menentukan kualitas hidup anak dalam masa pertumbuhannya di masa depan. Dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini, anak akan mengembangkan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatannya serta lingkungan di sekitarnya.”

Sebanyak 145 sekolah mengikuti program kompetisi AIA Healthiest Schools kategori SD dan SMP. Proyek-proyek yang dikumpulkan dikurasi dan dievaluasi oleh juri profesional yang ahli di bidangnya, yaitu Nia Noorhasnah – penanggung jawab Sekolah Kesehatan Gerakan PDM 11, Kamendikbudristek, serta psikolog dan psikolog. Lesung Nagrani, Sp. A – Dokter Anak, Kathryn Parapak – Chief Marketing Officer AIA dan David Togatorop – Pemimpin Redaksi Majalah Bobo.

Juara 1 AIA Health School Competition diraih oleh SDN 222 Pasir Pogor kategori SD dan SMPN 22 Semarang kategori SMP. Sekolah pemenang berhak mendapatkan hadiah senilai USD 15.000 yang mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Sebagai kompetisi global, pemenang AIA Healthiest School in Indonesia akan bersaing dengan 5 negara: Malaysia, Thailand, Hong Kong, Vietnam dan Australia. Pemenang kompetisi internasional ini akan diumumkan pada Juli 2024 di Bali.

 

AIA Healthest School adalah sebuah proyek internasional di Indonesia yang diselenggarakan oleh AIA bersama dengan majalah Bobo-Compass Grammedia, untuk menciptakan kehidupan yang sehat, dalam perencanaan dan pelaksanaannya untuk menjadikan lingkungan sekolah dan komunitas sekolah hidup dan bahagia. 

Bahan ajar dikembangkan berdasarkan 4 pilar utama proyek, yaitu: makan sehat; kehidupan aktif; Kesehatan mental, dan kesehatan berkelanjutan. Di Indonesia, Sekolah Kesehatan Terbaik AIA diluncurkan pada September 2023 dan kompetisi berlangsung hingga 8 Maret 2024.

Program ini juga memberikan tantangan bagi sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam program ini untuk meminta siswa berusia 5-12 tahun bekerja sama dengan guru untuk menjadikan sekolah sehat. Dengan mengikuti kompetisi AIA Healthiest Schools, sekolah berpeluang meraih penghargaan. Proyek-proyek yang paling menarik dan berdampak positif akan dibagikan di situs web AIA untuk menginspirasi sekolah-sekolah lain di negara-negara yang berpartisipasi. Sekolah juga berpeluang memenangkan hadiah dengan total hingga 100.000 USD.

 

Kompetisi ini juga sejalan dengan komitmen KamendikBudristek untuk menciptakan produksi yang sehat dan bahagia di Indonesia. Dalam hal ini AIA berperan aktif dengan menjadi partner periklanan program sekolah kesehatan. Salah satu sponsornya adalah AIA Health School Program.

Tak hanya kompetisi, AIA Healthiest School juga melakukan School Roadshow dengan mengunjungi lebih dari 20 sekolah di wilayah Jabodataback. Tujuan dari rangkaian ini adalah agar masyarakat dapat mempraktikkan hidup sehat di sekolah. Dalam beberapa kesempatan, Roadshow juga memperkenalkan staf kepelatihan klub Liga Inggris Tottenham Hotspur.

“AIA Healthiest School merupakan wujud komitmen AIA untuk membantu jutaan masyarakat di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik. Kami berharap para peserta dapat terus berupaya menciptakan lingkungan sekolah yang sehat,” tutup Kathryn.

Juara 1 kategori SD : SDN 222 Pasir Pogor

Juara 1 SMP : SMPN 22 Semarang

Juara 2 kategori SD : 1. SD Depo 2. SD Kulab 1 Ngawi 3. SDN 17 Limboto

Juara 2 Kategori SMP : 1. SMP Labschool Kebayoran 2. SMPN 1 Pangkajene 3. SLB C YPLB Danyang Purwodadi Grobogan Jawa Tengah

Sekolah-sekolah ini berhasil menerima penghargaan masing-masing sebesar $8,000 yang mendukung kegiatan pembelajaran berbasis sekolah.

 

Juara 3 Kategori Primer : 1. SLB Negeri 1 Martapura 2. SD Anand Bekasi 3. SDI Al Syukro Universal 4. SD Negeri 45 Tanjungpandan 5. SD SN Sungai An MI 6 Ma Ang Pagi 7. SLBN 31 PKLkNe Geri PKLKN Geri Ragunan 08 9 .SDN Karat Kuningan 03 10. SD Pratama 4 Tuk Da Sumaka 11. Pratama 4 Dao Peken

 

Juara 3 Kategori SMA : 1. SMP Negeri 10 Semarang 2. SMP Highfield Depok 3. SMP Negeri 29 Banjarmasin 4. SMP Nassa 5. SMPN 4 N LeuS id Uda SMP Negeri 2 Sindang 8. SDN 9 2 Mando . SMP Islam Plus Baitul Mal 10. UPT SMP Negeri 2 Pangkajen 11. UPTD SMP Negeri 3 Bakam

 

Kelompok sekolah ini mendapat penghargaan senilai 1.000 dollar AS yang diberikan berupa fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *