Scroll untuk baca artikel
Hiburan

Kaca Helm Mulai Buram, Begini Cara Mudah Bersihkan Pakai 1 Bahan Dapur

6
×

Kaca Helm Mulai Buram, Begini Cara Mudah Bersihkan Pakai 1 Bahan Dapur

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Batavia Visor helm yang buram tentu sangat mengganggu saat berkendara karena dapat mengganggu jarak pandang. Dan hal ini juga dapat beresiko menimbulkan kecelakaan. 

Oleh karena itu, visor helm berwarna coklat harus segera dibersihkan dengan cara yang benar agar dapat dibersihkan kembali. Namun sayangnya masih sedikit orang yang bingung bagaimana cara mengembalikan kejernihan pada penampil helm ini. Padahal, cukup pakai sabun cuci piring, noda di kaca helm bisa teratasi.

Bagaimana? Berikut langkah-langkah yang dilakukan pada Kamis (2/5/2024).

Sebelum mulai mencuci, lepas dulu pelindung dari bingkainya. Caranya, putar sekrup di kedua sisi helm hingga terlepas, lalu tarik perlahan kaca hingga keluar.

Langkah selanjutnya adalah merendam terlebih dahulu cairan visor dengan air. Rendam gelas dalam air sebentar. Tujuannya adalah untuk melunakkan kotoran yang membandel pada kaca sehingga memudahkan proses pencucian nantinya. 

Masuk ke mesin cuci, semprotkan dan ratakan sabun ke seluruh permukaan kaca. Kemudian seperti mencuci piring, gosok permukaan visor helm dengan spons atau kain lembut agar tidak menggores visor.

Sehabis dicuci, bersihkan permukaan kaca helm yang masih basah dengan tisu atau lap kering. Hal ini berguna untuk menghindari bercak air kering pada permukaan kaca. 

Untuk membuat visor helm Anda mengkilat, Anda bisa menggunakan mesin cuci kaca. Bersihkan kaca dengan busa, lalu lepaskan. Visor helm sudah bersih dan bening kembali.

Karena sering terkena keringat, helm biasanya sudah lapuk dan berbau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut cara membuat pengharum helm.

Bahan: kulit jeruk atau lemon, kayu manis atau vanila, daun mint, air asin

Cara melakukannya: Masukkan semuanya ke dalam botol semprot. Semprotkan secukupnya pada helm jika Anda mulai mencium bau menyengat.

Tak hanya untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca helm. Caranya sederhana, cukup oleskan pasta gigi pada bagian dalam tutupnya, lalu lap dengan kain basah hingga bersih.

Gunakan minyak kayu putih pada kulit kepala yang kotor. Lap kaca dengan tisu hingga bersih. Hasilnya, helm akan terlihat bersih dan transparan bagi yang melihatnya, perbedaannya bisa diamati secara visual.

Untuk membersihkan kaca, Anda bisa menggunakan larutan asam seperti cairan pembersih murrine, cuka atau jus lemon.

Jendela mobil dapat rusak karena air hujan atau timbunan embun. Air yang menguap dengan sendirinya dapat meninggalkan bekas dan residu mineral yang sulit dibersihkan. Apalagi di daerah dengan kandungan mineral tinggi pada airnya, perawatan kaca mobil menjadi lebih penting.

Cairan disinfektan seperti bayclin tidak hanya berguna untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga untuk membersihkan zat ngengat pada kaca mobil. Langkah pertama adalah merendam kain tersebut pada permukaan jalan, kemudian menggunakannya untuk membersihkan mobil secara merata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *