Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Kinerja Keuangan Positif, Grup MIND ID Konsisten Ciptakan Nilai Tambah

18
×

Kinerja Keuangan Positif, Grup MIND ID Konsisten Ciptakan Nilai Tambah

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID menunjukkan konsistensinya mencatatkan indikator-indikator positif untuk mendukung perkembangan industri pertambangan dan mendorong pembangunan negara.

Pada hari Rabu, 8 Mei 2024, tiga anggota Grup MIND ID mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) di Jakarta. Ketiganya adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS).

Antam dan Bukit Asam konsisten membagikan dividen. Sementara Timah memutuskan tidak membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. Hal tersebut tertuang dalam keterangan resmi yang ditulis pada Selasa (14 Mei 2024).

PT Aneka Tambang Tbk mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 41,05 triliun sepanjang tahun 2023. RUPS telah menyetujui penggunaan laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp 3,08 triliun sebagai dividen penuh atau 100 persen yang dapat diatribusikan kepada pemilik induk perusahaan. .

Selain itu, PT Bukit Asam Tbk mencatatkan pendapatan sebesar Rp38,5 triliun sepanjang tahun buku 2023 sehingga mampu membukukan laba bersih sebesar Rp6,1 triliun.

Dalam RUPS, pemegang saham menyetujui penggunaan 75% laba bersih perseroan tahun 2023 yakni Rp 4,6 triliun sebagai dividen.

Sementara itu, PT Timah Tbk membukukan pendapatan sebesar Rp 8,4 triliun pada tahun kerja 2023 dan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis guna menjamin imbal hasil yang optimal bagi seluruh pemegang saham.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Gary Yusuf mengatakan pengumuman RUPS sebagai perusahaan induk menegaskan kembali komitmen perusahaan dalam memberikan nilai tambah bagi industri pertambangan Indonesia.

“Kami bersyukur kinerja sejumlah anggota MIND ID Group pada FY23 tetap positif sehingga dapat mendukung terciptanya nilai tambah yang lebih baik pada industri pertambangan Indonesia,” kata Here.

Lebih lanjut, pihaknya berterima kasih kepada para mitra, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan yang terus memberikan dukungan sehingga MIND ID Group dapat melewati tahun 2023 dengan kinerja tinggi.

Hasil keputusan RUPS anggota holding MIND ID Group menunjukkan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi pemegang saham dan industri pertambangan di Indonesia, ujarnya.

Sebelumnya, BUMN Holding Mining Industry Indonesia (MIND ID) terus mendukung komunitas mitra MIND ID Group sehingga berkontribusi dalam penciptaan nilai tambah. Upaya memberikan nilai tambah dari sektor pertambangan merupakan bagian dari komitmen pemerintah kepada MIND ID Group.

“MIND ID dan mitra MIND ID Group berkomitmen untuk menciptakan nilai lebih besar guna mendukung pembangunan ekonomi dan kemandirian masyarakat di wilayah tempat perusahaan beroperasi,” ujar Sekretaris Perusahaan MIND ID Gary Yusuf pada Senin (08/04/2024).

Dukungan kepada masyarakat binaan tersebut, antara lain diberikan nilai tambah melalui anggota Grup MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) melalui Program Dukungan Desa Batu Bara bersama Lubuk Cuik (Cute Babe) di Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, wilayah Tri. Sumatera Utara telah menunjukkan prestasi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan.

Capaian program di Desa Lubuk Kuik terus berkembang dengan pendapatan petani lokal mencapai akumulasi ekonomi hingga Rp42,6 miliar per tahun. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas ekonomi produktif lebih dari 400 petani yang terlibat dalam program ini.

Selain meningkatkan nilai ekonomi, program Cute Babe juga berhasil menciptakan lahan produktif seluas 34 hektar dan mengembangkan lahan baru seluas 6,8 hektar selama tiga tahun berjalannya program.

Selain itu, anggota Grup MIND ID lainnya, PT Freeport Indonesia (PTFI), berhasil mendukung komunitas periklanannya untuk terus berkembang dan menambah nilai. Melalui Koperasi Buah Dewa yang didukung PT Freeport Indonesia, mereka mampu membangun pabrik dan kebun kakao berdasarkan hasil usahanya.

Program ketahanan pangan yang dijalankan PT Freeport Indonesia melalui Koperasi Buah Dewa bertujuan untuk mengembangkan tanaman bernilai ekonomi seperti kakao, pisang, ubi jalar, dan talas.

Skema pelatihan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat membuahkan hasil positif ketika perusahaan hanya memfasilitasi pelatihan, pendidikan dan pemasaran hasil kebun.

Program ini merupakan langkah konkrit untuk mempersiapkan perekonomian masyarakat pascatambang. Kami berharap melalui kemandirian dan peningkatan kapasitas lokal, masyarakat mampu terus berkembang dan mandiri dalam mengelola sumber daya alam dan memperkuat perekonomian lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *