Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Kulit, Bikin Regenerasi Lebih Baik

10
×

Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Kulit, Bikin Regenerasi Lebih Baik

Sebarkan artikel ini

Menurut Detik Tegal, ahli kecantikan Jakarta Natalia Angreni Kanwan, puasa Ramadhan juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit. Saat berpuasa, tubuh menahan banyak hal, termasuk emosi dan makanan tidak sehat.

“Puasa artinya berhenti makan dan emosi, saat kita tidak emosi, tidak stres, tidak marah, badan kita pasti dalam keadaan baik. Ini yang nomor satu,” kata Natalia saat dilihat, Senin ( 25/). 3/2024) di My Prem Aesthetic Clinic, Jakarta Selatan.

Di sisi lain, puasa juga dipandang sebagai cara untuk membersihkan atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

“Jadi, efek puasa yang baik adalah detoksifikasi. Jadi tubuh kita menyesuaikan diri. Biasanya kita makan sembarangan, jorok dan tidak teratur. Tapi kalau puasa otomatis berbuka,” imbuhnya seraya menambahkan otomatis tubuh menjadi sehat. .”

Ketika tubuh sehat, maka kulit pun sehat karena beregenerasi dengan baik.

“Efek samping dari kesehatan kulit adalah ketika tubuh kita melakukan reset atau menjadi sehat, kulit dan produk lainnya secara otomatis menghasilkan produksi yang lebih baik. Dan ketika kita tidak marah, efek negatifnya juga tidak otomatis.”

Untuk menjaga kesehatan kulit saat berpuasa, Gosnol Yakin, direktur MyPrime Aesthetic Clinic, menyarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda.

“Saat puasa, kita membatasi cairan hanya pada pagi hari dan saat berbuka. Namun, tubuh kita 60 persennya adalah air, jadi saran saya cukup minum. Tapi jangan terlalu banyak.” kata Goznol.

Selain Ramadhan, salat Tarawih merupakan ibadah lain yang sering dilakukan selama bulan Ramadhan. Semakin banyak Anda berkeringat, semakin banyak pula hiperpigmentasi yang Anda alami di dahi.

Oleh karena itu, orang yang memiliki flek hitam atau hiperpigmentasi di dahi kerap dianggap sebagai tokoh agama.

Flek hitam di dahi dianggap tidak mengganggu dan orang dengan flek tersebut biasanya tidak menyadari kehadirannya.

Selain di dahi, flek hitam juga sering ditemukan di kaki. Hal ini biasanya disebabkan oleh duduk bersila berulang kali dengan kaki menempel pada lantai.

Menurut Natalia, kulit gelap merupakan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh saraf. Cara termudah untuk menghilangkannya adalah dengan chemical peeling atau peeling.

“Yang paling mudah adalah dengan melakukan chemical peeling, tapi bedanya dengan perawatan di rumah, biasanya dokter bisa melakukan chemical peeling yang tinggi, jadi lebih cepat,” ujarnya.

Jika perawatan kulit berbahan kimia masih terlalu gelap, perawatan kulit selanjutnya adalah Intense Pulsed Light (IPL).

“Jadi tergantung kebutuhan pasien, kondisi kulit, dan budget. Tapi setiap permasalahan selalu ada solusinya,” kata Natalia.

IPL atau Intense Pulsed Light Therapy adalah cara non-bedah untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Menurut WebMD, prosedur ini, disebut juga photofacial, dapat memperbaiki beberapa kerusakan yang terlihat akibat paparan sinar matahari (photoaging).

IPL berbeda dengan laser, namun keduanya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Perbedaan utamanya adalah perawatan IPL lebih lembut pada kulit dan memerlukan lebih banyak sesi dibandingkan perawatan laser untuk mencapai hasil yang sebanding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *