Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Mitos atau Fakta: Ganti Pembalut Harus Setiap 2 Jam Sekali untuk Cegah Iritasi?

5
×

Mitos atau Fakta: Ganti Pembalut Harus Setiap 2 Jam Sekali untuk Cegah Iritasi?

Sebarkan artikel ini

Suara.com – Masalah kemarahan perempuan kerap mendera perempuan. Biasanya hal ini berkaitan dengan masalah penggantian pembalut yang terlalu lama, hingga area vagina menjadi iritasi. Dipercaya secara luas bahwa pembalut wanita harus diganti setiap dua jam. Mitos atau fakta?

Dokter spesialis kebidanan-ginekologi Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS menjelaskan, tidak ada waktu khusus untuk mengganti pembalut. Pasalnya, penggantian pembalut tergantung pada jumlah darah saat menstruasi. Ilustrasi menstruasi (Pexels/Andrea Piacquadio).

Anda biasanya mengalami menstruasi yang berat pada awalnya, jadi Anda perlu mengganti pembalut lebih sering. Namun pada hari ke 3-4 jumlahnya akan berkurang. Jadi, Anda tidak perlu mengganti pembalut sesering awal menstruasi.

“Ganti pembalut sesuai jumlah darah haid. “Periode pertama sama saja di hari ketiga, tapi hari keempat sama sekali berbeda,” kata Dr. Ardiance Ja berbicara dalam jumpa pers Betadin X Guardian, Selasa (28/5/2024).

Jadi Anda bisa melihat jumlah darah menstruasi saat mengganti pembalut. Wanita juga bisa mengubahnya segera setelah mereka merasa kenyang. Pasalnya, jika tidak segera diubah, darah menstruasi dapat mengubah pH vagina dan menimbulkan berbagai masalah.

“Pada dasarnya, seperti yang selalu saya tekankan, Anda tidak tahu berapa banyak perubahannya, karena tergantung banyaknya darah menstruasi. Jika pembalut Anda penuh di awal menstruasi,… bisa mengubah pH menstruasi. vagina Anda, “Ini bisa menyebabkan iritasi, gatal, garukan, dan bisa menyebabkan infeksi,” jelasnya Ilustrasi pembalut (Shutterstock).

“Jadi seberapa sering Anda perlu mengubahnya tergantung kapan Anda muak dan kapan Anda mulai berganti. Hari pertama dari kedua menstruasi memang sedikit terbuang, tapi lebih baik daripada pergi ke dokter.”Ardianja.

Apakah perlu ganti baju saat buang air besar?

Berdasarkan informasi dari Dr. Ardianja pokoknya kalau kurang puas bisa pakai pembalut lagi. Namun biasanya hal tersebut terasa tidak nyaman dan Anda ingin segera mengubahnya. Jadi itu tergantung kenyamanan wanitanya. Namun jika pembalut Anda sudah penuh, penting untuk segera menggantinya.

“Secara teori, kalau pembalut Anda akhirnya kencing, agak repot kalau diganti yang baru. Yang penting ganti kalau sudah penuh,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *