Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Ratusan Mahasiwa dan Dosen UI Gelar Aksi Kemanusiaan Dukung Kemerdekaan Palestina

8
×

Ratusan Mahasiwa dan Dosen UI Gelar Aksi Kemanusiaan Dukung Kemerdekaan Palestina

Sebarkan artikel ini

DEPOK – Sekitar 500 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi damai mendukung Palestina. Sejumlah dosen turut serta dalam program yang digelar di Rotunda UI tersebut. Aksi ini merupakan gerakan solidaritas UI secara global dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Dalam acara tersebut, mahasiswa memberikan orasi dan dosen membacakan puisi tentang Palestina. Mereka juga memiliki tenda merah. Gerakan ini diharapkan menjadi gerakan nasional di Tanah Air dan dapat diikuti oleh kampus lain.

Dhani Vidianto, Presiden Salam UI, mengatakan tindakan yang dilakukan merupakan bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina. Penderitaan rakyat Palestina sudah berlangsung lama dan patut untuk dibenarkan.

“Sebagai aksi kemanusiaan, kita sebagai umat manusia perlu melindungi hak hidup bebas dari penjajahan,” ujarnya pada Jumat, 3 April 2024.

Menurutnya, dengan titik kontak yang sama dengan manusia, maka penjajahan yang terjadi di Palestina harus dihentikan. Indonesia diminta menjadi bagian dalam mewujudkan perdamaian dunia.

“Kami akan terus memberikan dukungan dan pengawasan terhadap pemerintahan agar stabil dan tidak berputar-putar. Karena pemerintah Indonesia sejalan dengan amanat konstitusi kita untuk menjaga perdamaian,” ujarnya.

Ini merupakan langkah awal yang diambil IU untuk mendukung Palestina. Gerakan ini diharapkan dapat memantik gerakan serupa di perguruan tinggi lain.

“Ini bukan akhir, aksi ini adalah awal dari aksi yang lebih besar. Ketika UI bergerak, ketika kampus lain pindah, itu menjadi masalah nasional, kita bisa melakukan aksi nasional, mahasiswa UI yang bergerak dan bersuara,” ujarnya. .simpulnya 1.597 personel polisi mengamankan Pertahanan Palestina hari ini, di perempatan Jalan M.H. Polisi menyiagakan 1.597 orang di sekitar Patung Kemenangan Arjuna detiktegal.co.id 9 Juni 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *