Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Sandiaga Uno Tegas soal Turis Asing Bekerja Ilegal di Bali: Tidak Ada Toleransi

7
×

Sandiaga Uno Tegas soal Turis Asing Bekerja Ilegal di Bali: Tidak Ada Toleransi

Sebarkan artikel ini

MEDAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Solahudin Uno merespons keras meningkatnya wisatawan asing yang bekerja ilegal di Indonesia.

Wisatawan ini masuk ke Indonesia dengan visa namun malah bekerja di Bali atau bekerja jarak jauh dan ilegal dari Bali.

Menurut Szandi, pemerintah Indonesia akan berhati-hati terhadap wisatawan asing yang bekerja di Indonesia. Pemerintah tak terima dan mengancam akan mendeportasi wisatawan asing yang dipastikan bekerja.

“Harus yakin, kita ikuti aturannya. Mereka akan kasih sanksi, kalau perlu pemecatan. Sudah kita tangani, tidak ada toleransi,” kata Szandi.

Isu perilaku wisatawan asing di Bali semakin menambah kekhawatiran banyak pihak, termasuk presiden kelima Indonesia yang juga Ketua Partai Perjuangan Indonesia (PDI), Megawati Soekarno Putri.

Menurut Megawati, pariwisata di Bali yang semrawut dan tidak terkelola sehingga menimbulkan permasalahan bagi masyarakat setempat. Megawati menyarankan perlunya menyisihkan kuota untuk memerangi pariwisata di Bali.

Hal itu diungkapkan Megawati pada Musyawarah Kerja Nasional V PDIP di Ancol, Jakarta Utara pada Minggu, 26 Mei 2024.

Megawati menyatakan bahwa negara saat ini sedang berjuang dengan kelangkaan air yang timbul karena banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa tersebut terhadap wisatawan.

Megawati sangat prihatin dengan masyarakat Bali yang tidak menikmati keindahan dan alam pulaunya. Ia mengatakan, harus ada sistem pariwisata yang terukur agar masyarakat Bali bisa terus “bernafas”.

Sayang sekali kalau masyarakat tidak senang dengan kedatangan wisatawan, wisatawan mancanegara, kata saya, kita sisihkan sebagian agar nafas pulau tidak tertekan. Ini semua pariwisata, kata saya. bukan anti pariwisata lho, tapi bisa diukur, karena pariwisata itu “juga tentang kehidupan masyarakat kita, bukan jungkir balik,” kata Mega.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *