Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Tak Perlu Khawatir, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah dengan Tasreh

6
×

Tak Perlu Khawatir, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah dengan Tasreh

Sebarkan artikel ini

detiktegal Lifestyle – Memasuki Rawdha dan berziarah ke makam Nabi Muhammad merupakan dambaan setiap jamaah haji selama berada di Madinah. Pejabat Perencana Ibadah Haji (PPIH) Kepala Seksi Pembinaan Ibadah (Kasi) Kawasan Kerja Madinah (Dakar), Efreelene Hafijh mengatakan, jemaah haji Indonesia bisa masuk Rawdha di Masjid Nabawi dekat Tasre.

“Jemaah haji Indonesia tidak perlu khawatir karena masuk ke Rawdha difasilitasi pemerintah dengan menerbitkan surat Tasreh.” Anggota Kongres tidak perlu mengisi sendiri aplikasi Nusuk dan mendaftar, kata Efreelen Hafij di kantor Madina Daqer, Selasa, 13 Mei 2024, demikian keterangan resmi Kementerian Agama.

Hafiz mengatakan, sarana masuk raudha disediakan secara bersama-sama oleh jamaah. Mari kita lanjutkan menelusuri seluruh artikel di bawah ini.

“Masing-masing kelompok akan diberikan dua buah tasris. Pertama, Tasrih khusus untuk perempuan. Kedua, Tasrih khusus laki-laki,” jelasnya.

Hafiz menambahkan, kunjungan ke Raudha akan dilakukan paling lambat 3 hari setelah jamaah berada di Madinah.

“Setelah dipublikasikan, Tasrih akan diteruskan ke Kepala Divisi Khusus Nabawi.” Pramugari diberitahu tentang jadwal masuk Raudha melalui komandan sektor. “Jadi jemaah harus mencapai jadwal yang sudah ditentukan,” jelas Hafiz.

“Jemaah hendaknya berkumpul di gerbang Raudha minimal 30 menit sebelum jadwal masuk. “Petugas seks Nabawi akan memimpin jemaah dan memberikan Tasreeh kepada petugas penjaga Raudha,” lanjutnya.

Panglima Dakar Madinah telah sepakat dengan aparat keamanan Sektor Masjid Nabawi untuk melepaskan petugas dari Sektor Khusus Nabawi untuk membantu jemaah haji di Rawdha.

“Tasrih tersebut dikeluarkan oleh kantor Daqer Madinah dan mendapat penegasan berupa stempel untuk mencegah penggandaan dan menunjukkan bahwa Tasrih tersebut asli,” kata Hafiz.

Hafiz mengungkapkan, layanan Tasrih ini merupakan wujud kehadiran negara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.

Jemaah haji Indonesia mulai berdatangan di Madinah pada 12 Mei 2024. Proses kedatangan akan berlanjut hingga 23 Mei 2024. Rombongan pertama sebanyak 360 jemaah haji asal wilayah Asahan berangkat menuju Tanah Suci Satu Rombongan Embarkasi Medan (Kloter) memulai ibadah haji. Tanah Suci, Arab Saudi, Melalui Bandara Internasional Kualanamu, Distrik Delizerdang, Sum detiktegal.co.id 13 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *