Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2026

10
×

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebarkan artikel ini

detiktegal – PSSI menanti tiga pemain naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia untuk berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ada pun tiga pemain naturalisasi yakni Maarten Paes, Calvin Verdonk, dan Jens Raven.

“Kami upayakan ketiganya (berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026),” kata Ketua Umum PSC Erick Thohir di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Minggu.

Maarten Paes yang sebelumnya memegang paspor Belanda, diambil sumpahnya menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 30 April lalu.

Pemain naturalisasi berusia 25 tahun itu mendapat rekomendasi dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk memperkuat tim Garuda.

Namun, lanjut Eric, pihaknya menunggu kelengkapan berkas atau dokumen kiper Liga Amerika Serikat yakni FC Dallas itu agar bisa melindungi tim Garuda.

Pemain Indonesia di luar negeri, kami menunggu konfirmasi dari Maarten Paes, tambah Erick.

Sementara dua pemain lagi yang sedang dalam proses naturalisasi yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven kini menunggu pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia.

“Kamu harus bersumpah dan menunggu. “Mudah-mudahan minggu ketiga Mei,” ujarnya.

Jika proses naturalisasi dan lamaran berjalan lancar, ketiga pemain naturalisasi tersebut bisa membela Indonesia melawan Irak dan Filipina pada kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni 2024.

Rencananya laga tersebut akan dimainkan di Jakarta atau laga kandang melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni.

Calvin juga merupakan pemain asal Belanda yang bermain untuk klub NEC Nijmegen. Bek berusia 27 tahun itu memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Meulaboh di Aceh.

Saat ini Raven juga merupakan pemain asal Belanda yang berposisi sebagai striker di FC Dordrecht. Pemain berusia 18 tahun itu memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Yogyakarta.

“Kalau sumpah, bisa (bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026),” kata Eric. Timnas Indonesia menjadi alasan Pratama Arhan tidak bermain, pelatih Suwon Pratama Arhan belum memainkan satu pertandingan pun untuk Suwon FC sejak didatangkan pada Februari 2024. Suwon sudah memainkan 14 pertandingan di K League 1 musim ini detiktegal.co. id 23 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *