Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Usai Gelar Aksi Palestina Serentak, Ini Tindaklanjut Kampus-Kampus Muhammadiyah 

6
×

Usai Gelar Aksi Palestina Serentak, Ini Tindaklanjut Kampus-Kampus Muhammadiyah 

Sebarkan artikel ini

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Perdana Menteri Muhammadiyah-‘Aisyiyah (FR PTMA) se-Indonesia menggelar Aksi Bela Palestina dan Kecam Israel pada Selasa (5 Juli/2024). Aksi ini dilakukan serentak di lebih dari 100 fasilitas PTMA se-Indonesia di tiga zona waktu Indonesia.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu lembaga PTMA yang menyelenggarakan acara ini di Aula Masjid Islamic Center UAD, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (5 Juli 2023). Perdana Menteri UAD Manylas mengatakan aksi ini diharapkan tidak hanya menumbuhkan simpati, empati dan rasa kepedulian terhadap Palestina atas serangan yang dilancarkan Israel.

Namun, dari tindakan ini juga diharapkan ada tindakan lanjutannya. “Kami prihatin untuk mengambil tindakan lebih lanjut atas pernyataan keprihatinan ini. Kami ingin FR PTMA menindaklanjuti apa yang kami sampaikan,” kata Manylas usai tindakan tersebut.

Manylas mengatakan operasi berikutnya diharapkan lebih fokus pada penggalangan dana dan bentuk bantuan lainnya untuk membantu meringankan korban warga Palestina dari kebrutalan Zionis Israel.

“Kami ingin sekuelnya lebih fokus pada penggalangan dana dan mensintesis sumber daya yang ada di PTMA, sehingga kami memiliki cukup materi untuk membantu Palestina di lapangan,” ujarnya.

“Akan ada tindak lanjut dari PTMA FR untuk melakukan tindakan nyata membantu Palestina, baik berupa pendanaan dan pembangunan infrastruktur, serta bantuan kepada korban dan lainnya. Manylas menambahkan : “Ini menjadi perhatian kami agar dapat mengambil langkah lebih jauh lagi. tindakan atas pernyataan keprihatinan ini.”

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan berbagai badan amal untuk menggalang dana dan bantuan bagi rakyat Palestina. Baik amal di lingkungan organisasi muhammadiyah maupun diluar muhammadiyah.

“Kami bekerja sama dengan lembaga amal lain, bahkan lembaga amal lain di luar Muhammadiyah untuk mengumpulkan dana dan sumber daya yang ada, bantuan akan segera kami berikan,” kata Manylas untuk Palestina agar lebih realistis.

Setidaknya, dalam aksi ini ada 10 poin yang dikemukakan UAD dalam mendukung Palestina. Salah satu poinnya adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus memberikan perhatian serius terhadap perkembangan konflik Israel-Palestina, dengan terus memberikan dukungan moril, material, dan spiritual kepada Tuhan atas perjuangan rakyat Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *